Kadis DLH: Kualitas Udara di Payakumbuh Menurun Dari Baik ke Sedang

"Dari informasi BMKG Palupuah barusan kita dapatkan terjadi penurunan kualitas udara dari baik ke kulitas sedang"
Kondisi udara di Payakumbuh, Kamis (12/9) sore.

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh, Dafrul Pasi mengungkapkan, kualitas udara di daerah tersebut dalam kondisi sedang. Kondisi tersebut tidak lepas dari asap kiriman dari provinsi tetangga.

Dikatakannya, untuk pengujuian kualitas udara di Kota Payakumbuh, pihaknya masih mengandalkan informasi dari UPTD BMKG GAW Bukit Kototabang.

"Dari informasi BMKG Palupuah barusan kita dapatkan terjadi penurunan kualitas udara dari baik ke kulitas sedang," jelas Dafrul Pasi kepada KLIKPOSITIF, Kamis (12/9).

Menyikapi hal itu, pihak Pemko Payakumbuh sendiri sebelumnya sudah sempat mengeluarkan surat edaran terkait waspada kabut asap. Ada tiga poin utama yang diatur dalam surat yang ditandangani oleh Wakil Wali Kota Erwin Yunaz tersebut.

Poin pertama dalam surat edaran itu adalah meminta kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran sampah, baik organik maupun anorganik karena akan menambah kabut asap dan polusi yang bisa membahayakan kesehatan.

Selanjutnya meminta warga untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan dan dianjurkan menggunakan masker. Poin terakhir dalam surat tersebut meminta warga untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih.

"Kita berharap warga Payakumbuh bisa mengikuti surat edaran tersebut demi kebaikan bersama," terang Dafrul Pasi.

Berdasarkan pantauan KLIKPOSITIF, Kamis (12/9) sore, di pusat Kota Payakumbuh memang kabut asap lebih kental di bandingkan hari-hari sebelumnya. Namun demikian, kondisi sabut asap tersebut belum mengganggu aktifitas warga. Dan sebagian besar warga juga berada di luar ruangan tanpa menggunakan masker. (*)