Kabut Asap Selimuti Solok, Warga Diimbau Gunakan Masker

"Diperkirakan jarak pandang lebih kurang dua hingga tiga kilometer"
Kabut asap di Koto Solok (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Sejak beberapa hari terakhir, kawasan Kota Solok - Sumbar mulai diselimuti kabut asap, yang diduga dampak dari kebakaran hutan dan lahan di provinsi tetangga.

Diperkirakan jarak pandang lebih kurang dua hingga tiga kilometer. Kondisi tebalnya kabut asap begitu terlihat jelas di berbagai titik kota Solok dan Kabupaten Solok.

Dari pantauan Klikpositif, tebalnya kabut asap begitu tampak jelas di hamparan sawah Solok yang sudah memasuki masa tanam. Begitu juga dengan sejumlah titik pantau lainnya.

"Sudah mulai terasa perih di mata dan napas agak terasa sesak beberapa hari terakhir," ungkap Mahendri (33) warga Kota Solok saat ditemui Klikpositif, Kamis (12/9).

Sementara itu, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Solok, Agus Susanto mengatakan secara visual memang kawasan Kota Solok beberapa hari terakhir diselimuti kabut asap.

Diduga kuat, kabut asap tersebut merupakan kiriman dari daerah lain yang terbawa angin, sebab di kota Solok sejauh ini boleh dikatakan tidak ada kebakaran lahan.

Pihaknya mengimbau warga untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. "Untuk jaga-jaga kesehatan, sebaiknya menggunakan masker saat beraktivitas di luar," sebutnya.

[Syafriadi]