Punya Kenangan Dengan BJ Habibie, Ini Kata Anggota DPRD Sawahlunto

"Ada nasehat khusus yang diberikan kepada alumni yang terjun ke dunia politik, termasuk saya yang terpilih sebagai anggota DPRD Sawahlunto periode 2019 - 2024 yakni, agar selalu dekat dengan konstituen dan selalu menjadi problem solver dimana pun berada"
Anggota DPRD Sawahlunto Irland (kiri) Saat Berjalan dengan BJ Habibie (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto, Irland punya kenangan tersendiri dengan Presiden Republik Indonesia ke 3, almarhum Baharuddin Jusuf Habibie.

Irland mengatakan, jika bukan karena perantara beliau, ia tak akan pernah menginjakkan kaki untuk menuntut ilmu di Delf University of Technology (TU Delf) jurusan Teknik Mesin di negeri Belanda, dalam program yang digagas oleh Habibie yang ia selesaikan pada tahun 1993.

Ia menambahkan, pertemuan terakhirnya dengan Eyang Habibie saat buka puasa bersama tahun ini, saat bersama Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) yang disebut almarhum anak-anak intelektual. Kepada kami, lanjutnya, beliau selalu menyampaikan untuk selalu berbuat untuk bangsa dimana saja berada dan jangan ekslusif.

"Ada nasehat khusus yang diberikan kepada alumni yang terjun ke dunia politik, termasuk saya yang terpilih sebagai anggota DPRD Sawahlunto periode 2019 - 2024 yakni, agar selalu dekat dengan konstituen dan selalu menjadi problem solver dimana pun berada," katanya melalui pesan WhatsApp, Kamis 12 September 2019.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini melanjutkan, sosok Habibie merupakan sosok panutan yang begitu berjasa dalam separuh hidup yang ia dijalani. "Nama anak tertua saya diberi nama Habibie Muhammad," ujarnya.

Ia mengungkapkan rasa syukur, bisa melihat Eyang Habibie terakhir kalinya untuk memberikan penghormatan terakhir di rumah duka di Kuningan Jakarta.

"Alhamdulillah sempat mencium pipinya di rumah duka semalam, serta menyaksikan ribuan umat yang berusaha memberikan doa kepadanya," tuturnya.

"Semoga saya dapat memperjuangkan dan meneladani apa yang beliau perbuat," pungkas mantan Ketua Presidium IABIE tersebut.(*)