Antisipasi Kabut Asap, Ratusan Masker Dibagikan Gratis di Limapuluh Kota

"Pembagian masker gratis ini dalam rangka antisipasi penyakit karena asap kiriman dari provinsi tetangga"
Camat Harau Andri Yasmen saat membagikan masker kepada masyarakat yang berkegiatan di luar rumah. (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Kiriman asap dari Provinsi Riau telah memasuki daerah Kabupaten Limapuluh Kota sejak beberapa hari terakhir. Kondisi demografi yang berbatasan langsung dengan Riau, membuat udara di Limapuluh Kota mulai berasap.

Hal ini menimbulkan kepedulian warga di Limapuluh Kota, salah satunya di Kecamatan Pangkalan dan Kecamatan Harau. Kasi Trantib Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Sudirman mengatakan, dia bekerjasama dengan TNI dan perangkat kecamatan membagikan ratusan masker kepada pengendara yang melalui Jalan Lintas Sumbar Riau tersebut.

"Pembagian masker gratis ini dalam rangka antisipasi penyakit karena asap kiriman dari provinsi tetangga. Lokasi ini sendiri kami lakukan di Puskesmas Pangkalan yang akan melewati kawasan tersebut, baik dari arah Pekanbaru maupun dari arah Kota Payakumbuh," kata Sudirman.

Hal senada juga dilakukan oleh Camat Harau Andri Yasmen bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Kecamatan Harau. Ia menjelaskan sebanyak 700 masker gratis dibagikan kepada pengguna jalan yang melintasi kawasan Tanjung Pati, tepatnya di depan Polsek Harau.

"Kami membagikan sebanyak 700 masker kepada masyarakat dan pengguna jalan untuk mengantisipasi dampak buruk kabut asap yang tengah melanda Kabupaten Limapuluh Kota dan sekitarnya," kata Andri Yasmen.

Untuk pembagian masker ini dikatakannya baru dilakukan hari ini, Jumat 13 September 2019. Namun untuk ke depannya, ia menambahkan akan melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu.

[Ade Suhendra]