Tidak Turun Hujan, Hutan dan Lahan Kembali Terbakar di Solsel

"Lokasinya disamping lahan dan kebun warga yang terbakar beberapa hari yang lalu"
Petugas berusaha menjinakkan api di Kecamatan Sangir Batanghari Solok Selatan Jum'at (13/9). (Polsek Sangir Batanghari)

PADANG ARO, KLIKPOSITIF -- Hutan dan lahan kembali terbakar di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Hal tersebut karena hujan tidak turun serta minimnya peralatan untuk memadamkan api sehingga petugas mengaku kesulitan.

"Lokasinya disamping lahan dan kebun warga yang terbakar beberapa hari yang lalu, kini petugas damkar dibantu kepolisian masih berjibaku menjinakkan api," kata Kabid Damkar Dinas Satpol PP dan Damkar Solok Selatan, Zainal Abidin.

Dia mengungkapkan, Kamis sore, pihaknya sudah melakukan pemadaman sampai sehabis Magrib. "Kemarin sudah dilakukan pemadaman, selepas Magrib dihentikan karena petugas Damkar tidak lengkap pengamanan kerjanya," ujarnya.

Untuk luas lahan yang terbakar, imbuhnya, belum bisa dipastikan kemungkinan lebih dari sebelumnya. "Lahan yang terbakar dalam dua hari ini belum bisa dipastikan berapa luasnya, kemungkinan lebih dari yang sebelumnya, kita masih fokus melakukan pemadaman," jelasnya.

Sementara, Kapolsek Sangir Batanghari, Iptu Amril Helim mengungkapkan, kondisi lahan yang kering, hujan tidak turun serta minimnya peralatan membuat api sulit untuk dipadamkan. "Sudah dipadamkan tetapi masih menyisakan asap ketika petugas meninggalkan lokasi saat suasana mulai gelap," katanya.

Kondisi lahan kering yang tersiram air hanya bagian atas, sedangkan kayu pada bagian bawah masih menyisakan bara api. "Karena hujan tidak turun, bara inilah yang pada hari ini kembali memercikkan api dan kembali membakar lahan tersebut," tutupnya.

[Kamisrial]