Kabut Asap Makin Pekat, Pemko Payakumbuh Bagikan Masker

Pembagian masker di Kota Payakumbuh.
Pembagian masker di Kota Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Menyikapi semakin pekatnya kabut asap di kawasan Payakumbuh disikapi pemerintah daerah setempat dengan melakukan pembagian masker terhadap masyarakat di jalan-jalan utama Kota Payakumbuh , seperti di lampu merah Tugu Adipura, Jumat (13/9) pagi.

Ratusan masker tersebut dibagikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh , Rida Ananda bersama Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Bakhrizal dan pimpinan Puskesmas di wilayah kerja Dinkes.

baca juga: Pedagang Pasar Payakumbuh Ajukan Sejumlah Syarat Pada Pemko Sebelum Dilakukan Swab Massal

Sekda Kota Payakumbuh , Rida Ananda menyebut, pembagian masker dilakukan karena kabut asap kiriman dari daerah lain semakin kental terasa di daerah tersebut.

"Pembagian masker ini kamu lakukan mengingat kabut asap kita lihat semakin tebal pada pagi hari dan siang hari," jelas Rida Ananda.

baca juga: MPP Payakumbuh Akan Kembali Buka Pelayanan Setelah PSBB Tahap III Berakhir

Diterangkannya, jika kabut asap makin tebal tidak tertutup kemungkinan pembagian masker akan terus dilakukan dibeberapa titik lainnya.

Sementara terkait aktivitas sekolah, ia menyebutkan bahwa Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan sudah mengajurkan sekolah-sekolah di Payakumbuh untuk meliburkan aktivitas belajar mengajar.

baca juga: Belajar Dari Pasar Raya Padang, Swab Tes Akan Dilakukan Terhadap Ratusan Pedagang Pasar Payakumbuh

"Tapi untuk kebijakan meliburkan siswa kami serahkan kepada sekolah masing-masing," terangnya.

Pada kesempatan itu, petugas Dinas Kesehatan dan Puskemas juga mmberikan saran terhadap warga yang dibagikan masker untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih dan mengurangi aktivitas di luar.

baca juga: Lakukan Swab Mandiri, Guru di Payakumbuh Positif COVID-19

"Jika memang perlu keluar rumah kita sarankan untuk menggunakan masker," terang Pimpinan Puskesmas Air Tabik, Rika. (*)

Penulis: Taufik Hidayat