Ini Lima Nagari di Limapuluh Kota yang Paling Parah Terdampak Kabut Asap

"Lima nagari tersebut adalah Nagari Pangkalan, Rimbo Data Nagari Tanjung Balik, Nagari Gunuang Malintang, Nagari Sialang, dan Nagari Muaro Paiti."
Kondisi kabut asap di Kabupaten Limapuluh Kota. (Ist)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Sebanyak lima Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota yang paling berdekatan dengan Provinsi Riau menjadi menjadi daerah paling parah terdampak kabut asap.

Lima nagari tersebut adalah Nagari Pangkalan, Rimbo Data Nagari Tanjung Balik, Nagari Gunuang Malintang, Nagari Sialang, dan Nagari Muaro Paiti.

"Jadi memang lima daerah itu yang terdampak paling parah akibat kabut asap kiriman tersebut," kata Kasi Surveilan Imunisasi dan penanggulangan Krisis Kesehatan Dinas Kesehatan, Mimi Susanti saat ditemui KLIKPOSITIF di ruangannya, Jumat (13/9).

Sebagai antisipasi atas dampak kabut asap yang cukup parah tersebut, Dinas Kesahatan Kabupaten Limapuluh Kota telah menginstruksikan kepada Puskesmas yang terdapat di daerah itu untuk mulai mendistribusikan masker ke warga.

"Untuk masker sebenarnya sudah kita serahkan kepada seluruh Puskesmas yang jumlahnya 22. Tapi yang sudah mendistribusikan memang baru lima Puskesmas itu," jelasnya.

Target pembagian masker itu lebih diutamakan terhadap anak-anak dan juga warga lanjut usia (lansia).

"Kami dari Dinkes juga sudah mengeluarkan edaran ke semua Puskesmas, kecamatan, dan juga nagari-nagari," terangnya.

Terkait penderita infeksi saluran pernafasan akut (Ispa) di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota, Mimi menyebut pihaknya masih mengumpulkan data terbaru karena untuk data penyakit selalu diupdate pada hari Selasa setiap pekannya.

"Untuk Selasa (10/9) lalu belum ada peningkatan penderita Ispa. Sedangkan untuk data minggu ini baru bisa kita pastikan, Selasa (17/9) depan," terangnya. (*)