Pessel Diselimuti Kabut Asap, Warga Diminta Gunakan Masker Keluar Rumah

"Sudah seminggu ini kami rasakan. Saat keluar rumah, bukit tampak memutih karena kebut asap"
Kabut asap menyelimuti perbukitan (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Kabut asap mulai menyelimuti kawasan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Pemandangan kabut asap di daerah ini terlihat jelas, saat arah pandangan tertuju ke arah pebukitan dan laut.

Seperti pantauan KLIKPOSITIF, Jumat pagi hingga siang 13 September 2019, sebagian area pebukitan terlihat tertutup asap.

"Kemarin juga sama, apalagi saat pagi. Itu ketebalan asapnya, sangat terlihat jelas," ungkap Gusti (28) warga setempat kepada KLIKPOSITIF.

Senada dengan Gusti, Aciek (66) menyebutkan, kondisi tersebut sudah dirasakan dalam seminggu ini. Hanya saja belum, berdampak terhadap aktivitas.

Kondisi ini dikhawatirkan bisa berdampak terhadap kesehatan.

"Kami harap pemerintah cepat tanggap dengan kondisi ini. Karena jika berlangsung lama akan mengganggu pernapasan," tutup Aciek.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan, Jumsu Trisno mengakui, sejak beberapa hari belakangan indeks udara mengalami perubahan, dari baik ke sedang.

"Jam-jam tertentu, memang masuk ke sedang (kualitas udara). Tapi, masih dalam posisi baik," terangnya.

Pihaknya bakal terus melakukan pemantauan kualitas udara di daerah tersebut. Jika sewaktu-waktu semakin buruk, maka diminta kepada warga menggunakan masker saat keluar rumah.

"Instruksi pak Gubenur sudah ada. Mungkin kita akan menindaklanjuti juga, aktivitas diluar rumah untuk menggunakan masker," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]