ISPU Tanah Datar Kurang Sehat, Sekolah Belum Diliburkan

"Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar belum meliburkan sekolah karena masih menunggu instruksi pimpinan."
Wabup Zuldafri Darma memasangkan masker kepada siswa SD. (Ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Hasil uji kualitas udara oleh Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Tanah Datar diperoleh angka Indeks Dtandar Pencemaran Udara (ISPU) 101,5 yang berarti termasuk kategori tidak sehat.

Meski demikian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar belum meliburkan sekolah karena masih menunggu instruksi pimpinan.

"Masih menunggu arahan dari pimpinan dan berkoordinasi dulu," kata Kepala Dinas Dikbud Tanah Datar Riswandi melalui pesan elektronik, Jumat 13 September 2019.

Di sisi lain, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma bersama dinas terkait membagikan masker gratis kepada para siswa di SD Komplek Batusangkar.

Wabup menyampaikan pembagian masker ini sebagai bentuk membantu perlindungan kesehatan bagi siswa maupun masyarakat di Tanah Datar.

“Kabut asap sudah semakin pekat dan membuat kekhawatiran bagi kita. Sehingga dirasa perlu membagikan masker ini untuk mengurangi dampak negatif dari pencemaran udara,” tuturnya.

Ia mengimbau dan mengingatkan pihak terkait serta para guru untuk berusaha mengurangi aktifitas di luar ruangan, bila terpaksa harus memakai masker.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita Zedrianis menyampaikan, hingga saat ini belum ada peningkatan terhadap kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

"Kasus ISPA setiap bulan ada, namun dari pantauan kami belum terjadi peningkatan signifikan akibat kabut asap ini. Kita sudah terbitkan edaran kepada Puskesmas se Tanah Datar untuk lakukan penyuluhan kepada masyarakat yang lebih beresiko, yakni anak-anak dan Lansia,” ujarnya.

Dinas Kesehatan bersama OPD terkait saat ini sudah membagikan sebanyak 10.000 lembar masker kepada masyarakat terutama siswa dan pelajar.

(Irfan Taufik)