Dinkes Sebut Kualitas Udara di Kota Pariaman Masih Kategori Baik

"Warga diimbau untuk waspada terkait dampak kabut asap"
Ilustrasi bagi-bagi masker (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Terkait kabut asap, Dinas Kesehatan Kota Pariaman mengatakan kondisi udara di Kota Pariaman hingga Jumat (13/09/2019) masih dalam kategori baik.

"Saat ini kondisi udara di Kota Pariaman masih normal, belum masuk level waspada," ucap Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Rio Arisandi, Jumat 13 September 2019.

Lebih lanjut Rio katakan, kalau di lihat di Kota Pariaman saat ini memang terlihat sudah berkabut. Tapi berdasarkan uji labor, untuk udara masih normal.

"Tapi antisipasi untuk menghindari efek yang ditimbulkan oleh kabut asap tersebut terus dilakukan, yaitu dengan membagikan masker kepada pengendara jalan dan orang yang beraktivitas di luar ruangan," sebut Rio.

Sehubungan munculnya kabut asap, Wali Kota Pariaman,  Genius Umar telah mengimbau warga untuk waspada terkait dampak kabut asap.

"Kami imbau warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah atau ruangan guna mengurangi dampak kabut asap. Selain itu jika harus melakukan kegiatan di luar, gunakanlah masker dan kacamata, " sebut Genius, Jumat 13 September 2019.

Selain itu, Genius juga mengimbau agar tidak membakar jerami dan hal lainnya yang dapat menimbulkan asap. 

"Tentu juga harus menjaga dan meningkatkan kesehatan, minum air yang cukup. Kami juga imbau warga untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat, " sebut Genius. 

Genius juga katakan, bila ada yang mengalami sesak nafas segera cek ke puskesmas terdekat atau pelayanan kesehatan terdekat.

[Rehasa]