Atasi Malaria, Kenya Gunakan Vaksin Malaria Pertama

"Diperkirakan, setiap dua menit ada satu anak meninggal karena malaria"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Kenya akan menjadi negara yang akan menggunakan Vaksin Malaria pertama di dunia. Malaria masih menjadi salah penyakit pembunuh anak-anak terbesar di daratan Afrika, termasuk Kenya. Diperkirakan, setiap dua menit ada satu anak meninggal karena penyakit ini.

Kenya akan menggunakan vaksin malaria pertama di dunia. Kenya menjadi negara ketiga yang menggunakan vaksin ini, setelah Ghana dan Malawi. "Kami masih memiliki 27 persen insiden infeksi malaria untuk anak-anak di bawah usia lima tahun," tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kenya, Wekesa Masasabi, dilansir Reuters.

Masasabi mengatakan, Kenya berencana mengedarkan vaksin ke 47 provinsi di negaranya dalam waktu dua tahun. Diharapkan program ini dapat menurunkan angka kematian karena malaria.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya menyebut, eradikasi malaria menjadi salah satu program yang bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Diperkirakan, butuh satu generasi agar malaria benar-benar bisa hilang dari bumi.

Data WHO menyebut 219 juta orang terinfeksi malaria di tahun 2017, dengan 435.000 di antaranya meninggal dunia. Sebagian besar korban meninggal merupakan bayi dan anak-anak di negara miskin Afrika.