Anggota DPRD Pasaman dan Dinsos Salurkan Bantuan Bagi Korban Puting Beliung

"Kondisi rumahnya tertimpa pohon pada Jumat 13 September 2019 sekitar pukul 16.05 WIB. Kondisi rumahnya rusak berat sehingga tidak bisa ditempati."
Anggota DPRD Pasaman, Yulisman bersama Dinas Sosial Pemkab Pasaman saat menyerahkan bantuan. (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Anggota DPRD Pasaman, Yulisman bersama Dinas Sosial Pasaman menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam angin puting beliung di Jorong Benai, Nagari Muaro Tais, Kecamatan Mapattunggul, Sabtu 14 September 2019.

Korban bencana angin puting beliuang tersebut bernama Anasril (48) warga Jorong Benai. Kondisi rumahnya tertimpa pohon pada Jumat 13 September 2019 sekitar pukul 16.05 WIB. Kondisi rumahnya rusak berat sehingga tidak bisa ditempati.

"Kita mendapat informasi Jumat malam dari Kepala Jorong Benai. Malam itu juga kita langsung menghubungi Bapak Wabup Atos Pratama, Kepala Dinas Sosial, dan Kepala BPBD Pasaman," kata Ketua Fraksi PAN DPRD Pasaman, Yulisman pada wartawan.

Kemudian, Sabtu pagi saya bersama tim BPBD dan Dinas Sosial Pemkab Pasaman langsung turun ke lokasi bencana untuk membantu korban. Personil BPBD bersama Wali Nagari Muaro Tais, Andespa, para jorong dan ratusan masyarakat setempat langsung melakukan gotong royong membersihkan rumah korban dari pepohonan yang menimpa rumahnya.

Rumah korban, rusak parah akibat ditimpa pohon, dan saat ini sudah datar dengan tanah. Korban Anasril bersama 4 orang keluarganya saat ini menumpang di rumah warga sekitar karena tidak memiliki rumah lagi.

"Malangnya, rumah yang rusak berat akibat bencana alam itu merupakan rumah layak huni bantuan dari Pemkab Pasaman. Artinya, korban merupakan keluarga yang tidak mampu dan sangat perlu diperhatikan pemerintah daerah," sebut Yulisman.

Dijelaskan, Yulisman saat ini korban bersama anak istrinya tidak memiliki rumah lagi untuk tempat tinggal mereka. Ia meminta Pemkab Pasaman baik melalui Dinas Sosial, BPBD dan Baznas Pasaman untuk mencarikan solusi membangunkan kembali rumah warga kurang mampu tersebut.

Sementara itu Kabid Bantuan, Perlindungan dan Penanganan Pakir Miskin Dinas Sosial Pemkab Pasaman, Hendri Yanto menjelaskan berbagai bantuan yang langsung disalurkan kepada korban ... Baca halaman selanjutnya