Ratusan Ekor Tupai Ditembak Mati di Payakumbuh, Ada Apa?

"Alhamdulillah pada kegiatan kali ini ada 129 tupai yang berhasil ditembak. Jumlah itu bisa lebih banyak, karena ada juga beberapa yang tak terbawa ke posko"
Tupai hasil tangkapan di Kelurahan Ompang Tanah Sirah. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Ratusan ekor tupai berhasil ditembak mati pada kegiatan berburu tupai yang berlangsung di Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, Minggu (15/9).

"Alhamdulillah pada kegiatan kali ini ada 129 tupai yang berhasil ditembak. Jumlah itu bisa lebih banyak, karena ada juga beberapa yang tak terbawa ke posko," kata salah seorang panitia pelaksana, Wahyu Uliadi Putra kepada KLIKPOSITIF usai kegiatan, Minggu (15/9).

Kegiatan berburu tupai yang diikuti oleh sekitar 53 orang pecandu menembak dari Luak Limopuluah (Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh) tergabung dalam klub Liko SC dan Latina SC.

Kasi Kesos Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Warman Catra yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, kegiatan ini jadi ajang silaturrahmi bagi seluruh pecandu menembak di Luak Limopuluah.

"Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap bisa membantu petani yang beberapa waktu belakangan ini cukup dirugikan karena lahan pertaniannya dirusak hama tupai," jelasnya, Minggu (15/9).

Ketua Liko SC, Maizul Katib menyebut, untuk kegiatan berbuburu tupai di Kelurahan Ompang Tanah Sirah tersebut ada sebanyak 28 anggotanya yang ikut ambil bagian.

"Ini adalah kali kedua kami berburu tupai di sini. Tapi perburuan terakhir sudah dua tahun lampau. Dan untuk kali ini sepertinya hama tupai semakin banyak," jelasnya.

Dia beraharap dengan adanya 129 tupai yang ditembak mati, warga setempat akan merasakan efek positif karena hama untuk lahan pertanian mereka sedikit berkurang.

Sementara itu, Pembina Liko SC Yuniwal menyebut, pihaknya selalu menerima undangan dari beberapa daerah di Luak Limopuluah untuk berburu tupai.

"Undanganya memang harus resmi dari wali nagari atau lurah. Kalau tidak ada undangan, meski kami lihat cukup banyak hama tupai kami tidak melakukan perburuan. Kami cukup rutin melakukan perburuan di beberapa nagari atau kelurahan di Luak Limopuluah ini," ... Baca halaman selanjutnya