Petugas DLH Padang Temukan Peti Mati di Tempat Sampah

"belum diketahui siapa yang membuang peti mati tersebut"
Peti mati ditemukan di tempat sampah kawasan Asratek, Kecamatan Padang Utara. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Masyarakat di kawasan Arsatek Jalan Jakarta, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang digegerkan penemuan peti jenazah berwarna coklat di Tempat Pembuangan Sementara (TPS), Minggu 15 September 2019 sekitar pukul 09.00 WIB.

Peti jenazah tersebut awalnya ditemukan oleh petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang saat melakukan pembersihan.

Tetapi tidak diketahui orang yang membuang peti dengan panjang dua meter dan lebar satu meter itu.

Kepala DLH Kota Padang, Mairizon mengatakan, peti jenazah yang sengaja dibuang oleh masyarakat ke TPS itu tidak melanggar aturan.
Meskipun begitu, menurutnya tindakan tersebut sangat tidak beretika karena dibuang secara utuh tanpa harus dihancurkan terlebih dahulu.

"Secara aturan tidak ada yang dilarang, karena itu sampah. Cuma etika budaya dan sosial tidak pantas. Masak peti jenazah diletakkan di TPS, seharusnya dihancurkan dan dibongkar baru ditarok tidak masalah," ujarnya.

Menurutnya, secara etika dan budaya tentu masyarakat Kota Padang tidak menerima. Bahkan, ia yang mendapat informasi adanya peti jenazah dibuang langsung mendatangi lokasi TPS.

"Saya sudah ke sana. Kami langsung angkut peti jenazah itu ke tempat pembuangan akhir (TPA) Air Dingin. Sudah kami hancurkan. Sangat disayangkan ya, tindakan membuang peti jenazah ini," lanjutnya.

Menurutnya, peti jenazah itu berasal dari luar Kota Padang, karena terdapat tulisan kargo. Namun, tulisan kargo di peti jenazah tersebut telah rusak sehingga alamat tujuan tidak jelas. Sementara itu, menurutnya yang membuang merupakan masyarakat di kawasan Kecamatan Padang Utara.

Menurutnya, peti tersebut sudah pernah digunakan sebelumnya, masalahnya di dalam peti terdapat kain putih dan penjaga jenazah meski aroma di dalam peti tidak mengeluarkan bau apapun dengan kondisi yang bersih.

"Kami meminta dan mengimbau kepada masyarakat jangan melakukan hal ... Baca halaman selanjutnya