Didemo FPG, DPD Gerindra Sumbar Jelaskan Hal Ini Terkait SK Penunjukan Calon Ketua DPRD

"DPD Gerindra mengusulkan lima orang calon termasuk dirinya. "Saya juga diusulkan sebagai calon ketua DPRD Sumbar, tetapi tidak terpilih, ya tidak masalah,""
Wakil ketua satu Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gerindra, Muklis Yusuf Abid (KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil ketua satu Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gerindra, Muklis Yusuf Abid membantah tuntutan dari Front Perjuangan Partai Gerindra ‎(FPG) Sumbar yang menilai penunjukan calon ketua DPRD yang dipilih di beberapa daerah dari partai itu, termasuk Sumatera Barat tidak sesuai dengan aturan dalam partai berlambang Garuda tersebut.

Bantahan itu terkait unjukrasa FPG di kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra, Jalan Bagindo Aziz Chan nomor 34, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Senin (16/9).

"Kalau untuk penentuan ketua DPRD Kabupaten/Kota ataupun Provinsi itu keputusan langsung oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP), diusulkan oleh DPD dan diproses oleh DPP, " ujarnya.

Ia menambahkan, setelah ditentukan oleh pimpinan pusat, baru dikeluarkan Surat Keputusannya (SK).

Dalam proses tersebut, jelasnya, DPD Gerindra mengusulkan lima orang calon termasuk dirinya. "Saya juga diusulkan sebagai calon ketua DPRD Sumbar, tetapi tidak terpilih, ya tidak masalah," katanya.

Ia juga menambahkan, pihaknya akan memastikan legalitas FPG yang melakukan aksi tersebut, apakah memang dari kader Partai Gerindra atau tidak, ada legalitasnya atau tidak.

"Kalau untuk legalitasnya nanti akan kami cari tahu lagi, apakah mereka ini legal atau tidak. Kalau tidak legal, kami tidak akan menanggapi mereka, tapi kalau legal, nanti kami akan sampaikan tuntutan mereka ke pusat," sambungnya.

Sementara itu, Setelah melakukan aksi kurang lebih dua jam, FPG Sumbar membubarkan diri dari Kantor DPD Gerindra, setelah menyampaikan aspirasinya kepada pengurus partai tersebut.

"Besok lusa kami akan melanjutkan kembali aksi ini hingga tuntutan kami dikabulkan oleh pihak DPP," ujar Koordinator Aksi, Andri Wijaya.

Ia mengatakan, pada aksi selanjutnya pihaknya akan membawa lebih banyak massa.

"Jika pada aksi besok lusa DPD tidak mengabulkan tuntutan kami, kami akan terus melakukan aksi ... Baca halaman selanjutnya