Selama Dua Minggu, Polisi Tanah Datar Keluarkan 432 Tilang

"ratusan Tilang yang dikeluarkan itu terdiri dari beberapa jenis pelanggaran yakni tidak memakai helm sebanyak 182, tidak memasang sabuk pengaman 66, pengendara dibawah umur 26, melawan arus lalulintas 37, menggunakan gawai 1, dan pelanggaran lainnya sebanyak 120."
Polisi sedang memeriksa kelengkapan surat kendaraan dalam Operasi Patuh 2019. (Ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Dua pekan pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2019, Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Datar telah mengeluarkan 432 lembar surat bukti pelanggaran (tilang) pada pengendara roda dua dan roda empat yang melanggar peraturan lalu lintas.

"Selama operasi patuh Singgalang, 29 Agustus sampai 11 September 2019, kita telah mengeluarkan sebanyak 432 tilang dan 60 kali teguran kepada pelanggar peraturan lalulintas," kata Kasat Lantas Polres Tanah Datar Iptu Fitri Dewi Utami di Batusangkar, 16 September 2019.

Fitri menyebut ratusan Tilang yang dikeluarkan itu terdiri dari beberapa jenis pelanggaran yakni tidak memakai helm sebanyak 182, tidak memasang sabuk pengaman 66, pengendara dibawah umur 26, melawan arus lalulintas 37, menggunakan gawai 1, dan pelanggaran lainnya sebanyak 120.

Kemudian, Satlantas Polres Tanah Datar juga telah menyita kendaraan sebanyak 59 unit, Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak 218 lembar, dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebanyak 155 lembar.

Fitri mengingatkan pengendara untuk dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan berlalulintas sehingga terwujudnya keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcarlantas).

Sebelum itu, Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas menyampaikan sasaran prioritas Operasi Patuh adalah pelanggaran bagi pengendara tidak memakai helm standar, sabuk pengaman, melawan arus, memakai gawai, dan kendaraan yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

Ia menyebut ada tujuh sasaran yang ingin dicapai diantaranya tercipta situasi Kamseltibcarlantas, memberikan perlindungan, pengayom dan pelayanan masyarakat serta kepolisian berbasis masyarakat patuh hukum. (irfan taufik)