Payakumbuh Dilanda Kabut Asap, Kunjungan Pasien ISPA ke RSUD Adnaan WD Meningkat

"Jadi kita lihat ada sedikit peningkatan kunjungan dalam empat hari belakangan ini. Kalau persentasenya sekitar 20 sampai 30 persen"
Kunjungan pasien ke RSUD Adnaan WD Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kabut asap yang beberapa hari terakhir terus melanda Kota Payakumbuh mulai berdampak berdampak terhadap kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di daerah tersebut.

Direktur Pelayanan dan Penunjang RSUD dr Adnaan WD Kota Payakumbuh, dr. Yanti menyebut, dalam empat hari terakhir jumlah kunjungan Instalasi Gawat Darurat (IGD) mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa.

"Jadi kita lihat ada sedikit peningkatan kunjungan dalam empat hari belakangan ini. Kalau persentasenya sekitar 20 sampai 30 persen," kata Yanti, Senin (16/9) sore.

Lebih lanjut, ia menyebut, sebagian besar yang terdampak kabut asap itu adalah anak-anak yang memiliki riwayat sesak napas ataupun asma.

Pasien yang masuk itu sebagian besar masuk dengan indikasi demam, batuk pilek, dan sesak napas.

"Jadi dengan kondisi seperti sekarang ini memang menjadi pencetus serangan kambuhan. Dari ruang rawat anak yang saat ini rata-rata penuh, itu sekitar 40 persen-nya merupakan pasien ISPA," jelasnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menghimbau kepada warga untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Dan apabila harus ke luar, ia menganjurkan untuk menggunakan masker.

"Ini untuk mengurangi dampak dari kabut asap ini," jelasnya.

Sebelumnya, Jumat (13/9) lalu, Pemko Payakumbuh sudah melakukan pembagian masker terhadap warganya di beberapa titik jalan utama di daerah tersebut.

Sekda Kota Payakumbuh, Rida Ananda menyebut, pembagian masker dilakukan karena kabut asap kiriman dari daerah lain semakin kental terasa.

"Pembagian masker ini kamu lakukan mengingat kabut asap kita lihat semakin tebal pada pagi hari dan siang hari," jelas Rida Ananda waktu itu. 

Pantauan KLIKPOSITIF, Senin (16/9) sore, kabut asap masih terasa cukup kental. Sebagian besar warga mulai menggunakan masker ketika keluar ruangan. (*)