Riza Falepi Bicara Terkait Payakumbuh sebagai Pusat Literasi Adat Minangkabau

"Masalah yang akan kita hadapi bersama adalah menghadirkan kebaikan untuk Minangkabau, modal besar kita adalah budaya, jangan anggap remeh"
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan Pelatihan Carano Basa Balega yang digelar di GOR M. Yamin, Senin (16/9), Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi memaparkan materi tentang Payakumbuh sebagai Pusat Literasi Adat Minangkabau.

Kegiatan Carano Basa Balega sendiri adalah agenda rutin Pemko Payakumbuh terkait pembelajaran adat Minangkabau. Selain Riza Falepi, narasumber lain yang hadir dalam kegiatan tersebut Dede Mahardi, Alis Marajo Dt Sori Marajo selaku tokoh adat, Ketua LKAAM Kota Payakumbuh W. Dt Paduko Bosa Marajo, dan Ketua Bundo Kanduang Provinsi Sumbar Prof. Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib.

Pada kegiatan yang diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari perwakilan Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Niniak Mamak, dan sanggar Adat Budaya se Kota Payakumbuh itu, Riza Falepi berbicara terkait Payakumbuh sebagai Pusat Literasi Adat Minangkabau.

Menurut fungsionaris PKS itu, banyaknya tokoh pahlawan nasional yang diisi orang Minangkabau, seperti Bung Hatta, Buya Hamka, dan Tan Malaka merupakan eksistensi literasi di Ranah Minang.

"Masalah yang akan kita hadapi bersama adalah menghadirkan kebaikan untuk Minangkabau, modal besar kita adalah budaya, jangan anggap remeh," kata Riza.

Riza juga bercerita bagaimana besarnya ketertarikan warga asing terhadap budaya Minangkabau. Ia mengaku sempat diminta Duta Besar Swedia agar mau bercerita terkait Minangkabau. Hal itu membuktikan bahwa budaya Minangkabau memiliki daya tarik besar dan hal itu secara substansinya sudah ada di dalam diri orang Minang.

"Jangan biarkan substansi kita sebagai orang Minang menghilang, karena sebuah negara yang tidak mempunyai karakter akan kesulitan menghadirkan soliditas dan kekuatan kebersamaan untuk membangun bangsa kedepan," pungkas Riza. (*)