Peduli Kabut Asap, Dompet Dhuafa dan Balai Wartawan Luak Limopuluah Bagi-Bagi Masker

"Masker yang kita bagikan hari ini adalah hibah dari Dompet Dhuafa untuk masyarakat di Luak Limopuluah"
Bagi-bagi masker di Kota Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Balai Wartawan Luak Limopuluah bersama Dompet Dhuafa dibantu Basarnas dan petugas kepolisian melakukan pembagian masker di Jalan Sudirman di samping Tugu Adipura Kota Payakumbuh, Selasa (17/9).

Sebanyak 600 masker tersebut dibagi-bagikan kepada pengguna jalan yang sebagian besar belum menggunakan masker.

"Masker yang kita bagikan hari ini adalah hibah dari Dompet Dhuafa untuk masyarakat di Luak Limopuluah," kata penggiat lingkungan, Abu Hanifah kepada KLIKPOSITIF, Selasa (17/9).

Dalam beberapa waktu belakangan, kabut asap memang kembali melanda Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota). Akibatnya, aktifitas warga di luar lapangan sedikit terganggu. Dan untuk menjaga efek negatif kabut asap tersebut, menggunakan masker memang dianjurkan ketika beraktifitas di luar lapangan.

Perwakilan Balai Wartawan Luak Limopuluah, Agustian Amirlius menyebut, bagi-bagi masker ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian insan pers terhadap kondisi yang tengah dihadapi warga.

"Dengan adanya pembagian masker ini, kita harapkan warga yang beraktifitas di luar ruangan terhindar dari efek negatif kabut asap," jelas pria yang karib disapa Caang itu.

Lebih lanjut, ia berharap pemerintah daerah (Pemda) bisa membuat kebijakan lanjutan menyikapi kabut asap ini. Menurutnya, peran pemda dibutuhkan untuk meminimalisir dampak kabut asap di Luak Limopuluah.

"Apalagi dalam beberapa hari terakhir, dampak kabut asap mulai terasa dengan meningkatnya kunjungan penderita ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) ke RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh," pungkasnya kemudian. (*)