Pemkab Pessel Bakal Perbaiki Jembatan di Ganting Kubang Pessel Tahun Depan

Warga memperbaiki jembatan di Kampung Ganting Kubang, Lengayang Pessel
Warga memperbaiki jembatan di Kampung Ganting Kubang, Lengayang Pessel (KLIKPOSITIF/Kiki)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjanjikan perbaikan jembatan yang rusak di Kampung Ganting Kubang, Nagari Kambang Utara, Kecematan Lengayang bakal dilakukan pada tahun 2020.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Era Sukma Munaf mengungkapkan, perbaikan jembatan tersebut bakal dilakukan dengan menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) senilai Rp1 miliar.

baca juga: Kodim 0306/50 Kota Renovasi 10 Rumah Veteran dan Warga Miskin di Suliki

"Rencana struktur bawahnya kemungkinan kita ganti. Tapi tetap dengan konstruksi yang sama," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, jembatan tersebut saat ini memiliki panjang sekitar 90 meter, dengan tonase seberat 1,5 ton. Sementara, saban hari harus dilintas angkuatan bermuatan berat. "Penyebabnya, karena kendaraan yang melaluinya melebihi tonase. Karena tonase 1,5 ton," katanya.

baca juga: Longsor Hantam Rumah di Sariek Alahan Tigo, Dua Orang Meninggal

Sejauh ini, ia mengaku hanya mampu memprioritaskan jembatan ayunan tersebut untuk perbaikan. Sebab, perbaikannya disesuaikan dengan ketersedian anggaran. "Tahun 2020, tetap perbaikan. Tapi konstruksinya kita tingkatkan," tuturnya.

Kondisi jembatan ayunan di Kampung Ganting Kubang, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat sudah rusak parah. Namun, hingga kini tidak kunjung mendapat perbaikan yang layak dari pemerintah kabupaten setempat.

baca juga: 22 dari 29 Pasien Positif COVID-19 di RSAM Dinyatakan Sembuh

Kepala Kampung Ganting Kubang, Andi Zulma mengatakan, kondisi jembatan yang diperbaiki tersebut memang rentan mengalami rusak. Sebab, bagian bangunan jembatan tersebut sudah banyak yang tidak kokoh lagi. Hingganya, saat dilintasi muatan kendaraan bertonase kembali rusak.

"Setahun ini sudah ada empat kali direhab. Dari Pemkab juga ada. Tetapi tetap juga tidak bertahan lama," katanya.

baca juga: Diduga Sebarkan Gambar dan Pesan Hoaks Puan Maharani, Ketua DPRD Pasbar Dipolisikan

Andi berharap kerusakan pada jembatan di Ganting Kubang ini bisa mendapatkan perhatian serius Pemkab Pessel agar diperbaiki. Sebab, akses dari jembatan tersebut sangat dibutuhkan warga untuk antar kampung.

"Selain jembatan ini tidak ada lagi alternatif yang layak. Sebab, sehari-hari jembatan ini menjadi penguhubung terdekat warga sehari menuju ke akses utama (pusat kecamatan)," ujarnya.

Pantauan KLIKPOSITIF , beberapa waktu lalu terlihat kondisi jembatan tersebut sudah mengalami rusak di setiap sisi. Untuk melintasi jembatan itu, warga harus berhati-hati, karena bagian tengah jembatan tersebut sudah menganga karena lantainya lepas.

Kiki Julnasri Priatama

Penulis: Ramadhani