Dua Hektar Lahan Terbakar di Kabupaten Solok

Kapolsek Kubung AKP Afdimon bersama tim gabungan meninjau lokasi kebakaran lahan.
Kapolsek Kubung AKP Afdimon bersama tim gabungan meninjau lokasi kebakaran lahan. (ist)

SOLOK , KLIKPOSITIF --Sekitar dua hektar lahan habis terbakar di kawasan perbatasan Nagari Gauang dan Nagari Saok Laweh, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok , Senin malam, 16 September 2019.

Peristiwa kebabakaran ini dikonfirmasi oleh Kapolsek Kubung AKP Afdimon. Dia membenarkan peristiwa kebakaran areal lahan tanah Ulayat milik salah satu kaum di kawasan tersebut. "Kebakaran terjadi di puncak Guek Kareh, kawasan perbatasan Nagari Gauang dan Nagari Saok Laweh, Kecamatan Kubung," sebut Afdimon, Selasa (17/9).

baca juga: Sektor Pariwisata Bakal Dibuka, Jokowi: Strategi Khusus Harus Disiapkan

Menurutnya, ada sekitar 6 titik api yang menyebar dan menghanguskan areal lahan seluas lebih kurang dua hektar Tadi pagi, Kapolsek Kubung AKP Afdimon, Danramil kubung Capt. Saparudin, petugas UPTD Kehutanan kabupaten Solok dan perangkat nagari setempat langsung meninjau lokasi.

"Saat sekarang titik api telah mati di 6 titik, luas lahan yg terbakar di perkirakan 2 hektar kurang lebih," sebut Afdimon.

baca juga: Judi Sabung Ayam, Dua Orang di Pasaman Barat Ditangkap

Kawasan hutan ulayat yang terjadi tersebut merupakan milik kaum Suku Kutianyia dengan Kepala Waris N. Samsuar (50) warga kapalo koto nagari Sawok Laweh kecamatan Kubung. "Kerugian materil dan korban jiwa nihil, untuk sumber api masih dalam penyelidikan," katanya.

Syafriadi

baca juga: Halalbihalal Via Zoom oleh PLN Sumbar Bersama Stakeholder

Penulis: Ramadhani