Rektor Jamin Tidak Akan Naikan Uang Kuliah Meski Nanti Unand Jadi PTNBH

"PTNBH ini tidaka ada hubungannya dengan uang kuliah atau UKT. Intinya, PTNBH ini untuk menaikkan kualitas kampus"
(Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dengan rencana menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH), pihak Universitas Andalas (Unand) menjamin tidak akan menaikkan uang kuliah.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Andalas, Tafdil, Selasa 17 September 2019 di Gedung Rektorat Kampus tersebut.

"PTNBH ini tidaka ada hubungannya dengan uang kuliah atau UKT. Intinya, PTNBH ini untuk menaikkan kualitas kampus," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk UKT di kampus yang ia pimpin itu UPT tetap sama dengan harga sebelumnya yang ditentukan sejak tahun 2012 lalu.

"Sejak tahun 2012 uang kuliah di sini tidak pernah kami naikkan, bahkan jika nanti menjadi PTNBH," sambungnya.

Menurutnya, untuk UKT yang dibayarkan oleh mahasiswa sebenarnya sudah ditentukan dan disesuaikan dengan penghitungan seharusnya.

"Kami telah menghitung semua pengeluaran dan pemasukan dari bantuan pemerintah dan akan ditambah dengan UKT. Dari jumlah itulah nanti akan keluar berapa UKT yang dibayarkan oleh mahasiswa," lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa UKT di Universitas Andalas jika dibandingkan dengan Universitas ternama lainnya masih lebih murah.

"PTNBH ini bukan untuk menjadikan universitas ini mencari keuangan sendiri, tetapi lebih kepada peningkatan kualitasnya," lanjutnya.

Ia berharap mahasiswa Unand dan masyarakat Sumatera Barat bisa memahami hal tersebut dan UNAND menjadi Universitas PTNBH pertama di Sumatera Barat. [Halbert Caniago]