Berunjuk Rasa di Depan Rektorat, Ini Tuntutan Mahasiswa IAIN Batusangkar

"Unjuk rasa yang berlangsung empat jam itu berjalan dengan aman dan damai "
Unjuk rasa mahasiswa IAIN Batusangkar (KLIKPOSITIF/Irfan Taufik)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Sekitar 2000-an mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar melalukan aksi unjuk rasa di depan Rektorat, Selasa 17 September 2019.

"Kami minta pihak kampus dapat memenuhi tuntutan yang disampaikan," kata Koordinator Lapangan Aksi, Jamaludin Makruf saat orasi di depan kampus.

Ia menyampaikan tuntutan mahasiswa terdiri dari transparansi pengelolaan dana mahasiswa, penyediaan hari krida mahasiswa, pengelolaan bus kampus, penjelasan kerjasama kampus dengan pihak BRI, meminta pendirian masjid di kampus, mekanisme bimbingan mahasiswa dan pelayanan akademik mahasiswa.

Unjuk rasa itu berlangsung damai selama empat jam dimulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. "Kami tidak akan melakukan tindakan anarkis, yang penting meminta kejelasan dari Rektor atas tuntutan kami," tutur Jamaludin.

Semenatara itu, Kepala Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Batusangkar Yasrizal menjelaskan jika beberapa tuntutan mahasiswa itu dapat disetujui rektor selanjutnya akan dievaluasi terlebih dahulu.

"Prinsipnya rektor setuju dengan tuntutan mahasiswa sepanjang sesuai aturan dan dapat difasilitasi," sebut Yasrizal.

[Irfan Taufik]