Unjuk Rasa, Mahasiswa Desak Gubernur Sumbar Selesaikan Masalah Karhutla

Mahasiswa demo di kantor gubernur Sumbar
Mahasiswa demo di kantor gubernur Sumbar (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Alias Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumatera Barat (Sumbar) mendesak Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyelesaikan persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan di daerah itu.

Desakan mahasiswa disampaikan dalam bentuk demontrasi di kantor gubernur Sumbar berlangsung lama (dari 13.30 WIB hingga 17.30 WIB). Walaupun berlangsung lama namun mahasiswa tepat kecewa karena tidak bertemu langsung dengan gubernur.

baca juga: Musim Kemarau Makin Dekat, BPBD Lima Puluh Kota Petakan Titik Rawan Kebakaran Hutan

Koordinator Pusat Aliasi BEM Sumbar Ismail Zainudin menyampaikan, ada beberapa tuntutan dalam aksi tersebut, diantaranya meminta gubernur Sumbar menyelesaikan persoalan Karhutla di daerah itu, kemudian memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat Sumbar.

Selanjutnya, mendesak penegak hukum untuk mangkap pelaku pembakaran serta menyampaikan kepada Presiden untuk segera menyelesaikan Karhutla di Indonesia.

baca juga: Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Hutan Lindung di Padang

"Hari ini kami minta ketegasan dari gubernur untuk menyelesaikan persoalan ini," ujarnya.

Namun, peserta aksi kecewa atas sikap gubernur yang selalu menghilang saat mahasiswa dan masyarakat ingin menyampaikan pendapat dengan demonstrasi.

baca juga: Jokowi: Kerugian Akibat Karhutla di Indonesia Capai Ratusan Triliun Rupiah

"Kami sangat kecewa dengan sikap gubernur yang tidak mau menemui kami sebagai mahasiswa dan masyarakat. Kami tahu beliau ada di Padang tapi tidak berani menemui kami," kesal Ketua BEM Unand tersebut.

Peserta aksi ditemui Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang baru pulang dari Mentawai sekitar pukul 16.00 WIB saat mahasiswa menunggu gubernur. Tak puas dengan tidak hadirnya gubernur, mahasiswa berencana akan menggelar aksi lanjutan besok hari. (*)

baca juga: Dilimpahkan ke Pengadilan, Kasus Karhutla di Solok Segera Disidangkan

Penulis: Joni Abdul Kasir