Terdampak Kabut Asap, Pemkab Solsel Imbau Warga Gunakan Masker

"33.800 lembar masker telah dibagi-bagikan kepada warga"
Ketua Forum Kabupaten Sehat Solok Selatan Afrizal Amir membagikan masker kepada Pengendara di Simpang Kantor Bupati Solok Selatan Padang Aro, Senin, 16/9 (Istimewa)

SOLSEL,KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan (Solsel) - Sumbar mengimbau masyarakat agar menggunakan masker dan kacamata pelindung seiring meningkatnya ketebalan kabut asap di daerah itu.

"Kondisi kabut asap yang semakin hari diperkirakan semakin pekat, maka diimbau kepada masyarakat agar menggunakan masker dan kaca mata untuk pelindung," kata Kabag Humas Solsel Firdaus Firman, Selasa 17 September 2019.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman mengatakan sebagai antisipasi dampak kabut asap, pihaknya telah melakukan pembagian masker sejak hari Senin 16 September 2019 lalu.

"Pembagian masker pertama kita lakukan di Kecamatan Sangir dan pada kecamatan lain hari ini (Selasa) serta pada hari berikutnya kalau kabut asap masih tebal," ujarnya.

Ia mengungkapkan jumlah masker yang telah dibagikan sebanyak 676 kotak (1 kotak = 50 lembar) dengan jumlah 33.800 lembar dan jika cuaca tidak berubah pihaknya masih memiliki stok masker untuk beberapa minggu ke depan.

"Pembagian masker dilakukan oleh Forum Kabupaten Sehat, Puskesmas, serta dijemput langsung oleh komunitas atau institusi seperti MTSN 2 Solsel, SD, SMP, SMA, Komunitas Sepeda, kantor kecamatan dan lain-lain," bebernya.

[Kaka]