Proyek Trans Mentawai Kunci Perluasan Jaringan Listrik di Mentawai

"Sistem kelistrikan di Pulau Mentawai saat ini memiliki daya terpasang sebesar 10,1 Megawatt, kemudian daya mampu PLN Mentawai 6,95 Megawatt dan beban puncaknya 3,08 Megawatt."
Mentri PPN Bambang Bodjonegoro saat mengungjungi Pembangkit listrik tenaga biomassa di Saliguma, Selasa (17/9) (KLIKPOSITIF/Khadijah)

SIBERUT, KLIKPOSITIF - Proyek Trans Mentawai menjadi kunci perluasan jaringan listrik di Mentawai yang saat ini rasio eletrifikasi di daerah tersebut baru mencapai 51 persen.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto dalam kegiatan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) energi bambu untuk 3 desa di Kepulauan Siberut yakni Saliguma, Madobag dan Mototonan pada Selasa, 17 September 2019.

"PLN memiliki tantangan untuk melistriki pulau-pulau yang masih masuk dalam kategori 3 T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) yang tidak pernah ada habisnya, terutama Mentawai dan provinsi lain yang juga terdiri dari banyak pulau contohnya Kepulauan Riau," kata Wiluyo.

Sistem kelistrikan di Pulau Mentawai saat ini memiliki daya terpasang sebesar 10,1 Megawatt, kemudian daya mampu PLN Mentawai 6,95 Megawatt dan beban puncaknya 3,08 Megawatt. Artinya Mentawai memiliki resource margin sebesar 3,87 Megawatt. 

Untuk kehadiran PLTBm baru meningkatkan rasio elektrifikasi di Mentawai sebanyak 5,5 persen dari jumlah sebelumnya yakni 46 persen.  Aliran listrik dari proyek energi baru terbarukan itu mengaliri 3 desa Kabupaten Mentawai dengan total kapasitas 700 KW dan melistriki 1.233 pelanggan baru.

"PLTBm ini diharapkan dapat menambah keandalan bagi pasokan listrik yang ada di Mentawai,"katanya.

Ia mengungkapkan harapan Bupati Mentawai pada 2020 rasio eletrifikasi di Mentawai diusahakan dapat mencapai 100 persen. Namun saat ini beberapa kendala yang sedikit banyaknya memperlambat terwujudnya interkoneksi tersebut yaitu permasalahan insfrastruktur jalan yang belum ada.

PLN mengharapkan bantuan dari Pemkab Mentawai dan Pemprov Sumbar untuk segera menyelesaikan pembangunan jalan di Kepulauan Mentawai sehingga PLN dapat menempatkan fasilitas untuk jaringan distribusi listrik yang ada di pinggir jalan.

"Kenapa di pinggir jalan? Karena ... Baca halaman selanjutnya