Meski Transportasi Sulit, Kampung Ini Ternyata Dihuni Kalangan Ekonomi Menengah

"akses transportasi menjadi salah satu masalah terbesar di kampung yang berada di pinggir sungai Batang Hari ini"
Salah satu kawasan di Jorong Pulau Karam, Kabupaten Solsel. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Disaat Provinsi Sumatera Barat ingin bebas dari status tertinggal, ternyata masih ada daerah yang bisa dikatakan terisolasi. Salah satunya adalah Jorong Pulau Karam, Nagari Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan.

Perkampungan ini terletak di perbatasan Solok Selatan dengan Dharmasraya. Inilah yang menyebabkan perkampungan tersebut jauh dari pusat kota. Parahnya, akses transportasi menjadi salah satu masalah terbesar di kampung yang berada di pinggir sungai Batang Hari ini.

Kepala Jorong Pulau Karam, Siordi saat ditemui di kediamannya membenarkan hal tersebut. Dia menjelaskan, kehidupan masyarakat di Jorong Pulau Karam hingga saat ini masih kesulitan dengan transportasi. Ada dua jenis transportasi yang digunakan masyarakat, yakni transportasi air dan darat.

"Dahulu, masyarakat Pulau Karam menggunakan transportasi air yang dinamakan Timpek. Masyarakat menggunakan transportasi ini untuk pergi kemana-mana, terutama untuk pergi ke Pasar Pulau Punjung, Dharmasraya," kenangnya.

Setelah itu, dari tahun 2005 sampai sekarang, barulah masyarakat menggunakan transportasi darat, seperti mobil dan motor. Namun, tetap saja, akses jalan darat yang ada sangat sulit ditempuh, terutama jika sudah turun hujan.

“Ketika hujan turun sehari semalam, jalan yang biasa dilewati akan licin dan berlumpur tebal," kata Siordi.

Uniknya, meskipun terisolir, masyarakat di daerah ini rata-rata memiliki ekonomi yang lebih dari cukup. Mereka rata-rata menggunakan mobil dengan dua gardan jenis Strada atau Hilux, karena memang rute jalan hanya bisa dimasuki oleh mobil jenis tersebut.

Selain itu, masyarakat Pulau Karam juga dikenal sebagai tauke (bos) kayu, karet dan sawit. Meski tidak semuanya, tapi masyarakat Pulau Karam bisa dikatakan memiliki ekonomi menengah keatas. Banyak diantara mereka yang sudah memiliki rumah sendiri di luar jorong ... Baca halaman selanjutnya