Puskesmas di Simpang Empat Catat 100 Pasien Alami Ispa

"selama ini jumlah pasien ISPA tidak pernah lebih dari angka 100 orang pasien. Namun sekarang terus meningkat."

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Sekitar 100 pasien mengalami penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa) diduga akibat cuaca ekstrim dan kabut asap belakangan ini tercatat di Puskesmas Simpang Empat, Kecamatan Pasaman-Pasbar.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Pasaman Fitria, penyakit Ispa dalam sebulan terakhir ini terus meningkat di Kecamatan itu. "Berdasarkan data di bulan Agustus ada sekitar 100 pasien yang ditangani petugas Puskesmas Simpang Empat," ujarnya, Rabu (18/9).

Ia menduga, hal itu diakibatkan karena faktor cuaca dan kabut asap kiriman. "ISPA menduduki posisi penyakit nomor tiga terbanyak ditangani oleh petugas medis," terangnya.

Dijelaskan, selama ini jumlah pasien ISPA tidak pernah lebih dari angka 100 orang pasien. Namun sekarang terus meningkat.

"Ya itu tadi, pengaruh cuaca panas dan perubahan iklim serta kabut asap menjadi faktor utama masyarakat terdampak ISPA," jelasnya.

Ia meminta, agar masyarakat yang beraktivitas diluar rumah, terutama di siang hari disarankan untuk menggunakan masker," pintanya.

Saat ini, kasus ISPA menjadi perhatian khusus dari pihaknya, salah satunya dengan cara melakukan penyuluhan langsung. "Petugas memulai pencegahan dari Bidan desa hingga tatap muka disetiap pelayanan dengan masyarakat," ulas dia.

"Petugas setiap harinya ada melayani sekitar 90 sampai 100 orang pasien dengan dengan berbagai macam keluhan dan diagnosa. Namun belum ada ditemukan kasus ISPA yang menghkhawatirkan," pungkasnya.

"Kita mengimbau agar masyarakat bisa lebih waspada kedepannya karena kondisi cuaca dan ancaman penyakit sulit dideteksi terutama bagi masyarakat yang bekerja di lapangan," imbaunya. [Irfan Pasaribu]