Ini Cara Dinas Pertanian Tanah Datar Motivasi Petani Tanam Padi Sistem Jarwo

"Sistem Jarwo sudah terbukti menguntungkan petani, karena dapat meningkatkan populasi tanam dan produktivitas tanam, meningkatkan intensitas cahaya sehingga dapat meningkatkan kualitas gabah dan mempermudah pemeliharaan"
Petani menanam padi pada lomba tanam padi sistem Jarwo 2:1.

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Untuk memotivasi petani menanam padi sistem Jajar Legowo (Jarwo) 2:1, Dinas Pertanian Tanah Datar menggelar lomba menanam padi.

"Lomba ini untuk memotivasi petani atau kelompok tani dalam mengadopsi teknologi Jarwo sehingga terjadi peningkatan produksi panen dan kesejahteraan petani meningkat," kata Kepala Distan Tanah Datar Yulfiardi di Hamparan Sawah Keltan Nagari Tabek, Kecamatan Pariangan, Rabu 18 September 2019.

Ia menyampaikan dengan lomba ini dapat mewujudkan kawasan pengembangan teknologi Jarwo yang seragam pada suatu hamparan.

"Sistem Jarwo sudah terbukti menguntungkan petani, karena dapat meningkatkan populasi tanam dan produktivitas tanam, meningkatkan intensitas cahaya sehingga dapat meningkatkan kualitas gabah dan mempermudah pemeliharaan," tutur Yulfiardi.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh Pertanian Distan Tanah Datar Rumsyah mengatakan lomba ini selain menggalakkan Jarwo 2:1 juga untuk menyukseskan kegiatan Penas Tani 2020 di Kota Padang dimana Tanah Datar menjadi salah satu daerah tujuan kunjungan peserta.

Ia menjelaskan kriteria penilaian lomba kerjasama dan kekompakkan kelempok, ketepatan penerapan sistem Jarwo 2 : 1, lurusnya menanam sesuai jarak yang sudah ditentukan dan jumlah populasi dalam setiap rumpun.

Keuntungan tanam padi sistem Jarwo 2:1 dapat meningkatkan hasil mencapai 33 persen bila dibandingkan menanam padi secara konvensional. (irfan taufik)