Sebanyak 75 Lansia di Payakumbuh Diberikan Bantuan

"Pemberian bantuan ini berdasarkan Undang Undang Nomor 13 Tahun 1998, PP Nomor 43 Tahun 2004 dan Permensos 19 Tahun 2012"
Wawako Payakumbuh, Erwin Yunaz menyerahkan Bantu-LU untuk lansia. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 75 orang lanjut usia (lansia) se-Kota Payakumbuh menerima Bantuan Jaminan Lanjut Usia (Bantu-LU). Bantuan tersebut diserahkan Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz di Kantor Camat Payakumbuh Barat, Rabu (18/9).

Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Idris dalam laporannya memaparkan Bantu-LU diserahkan kepada lansia yang terdapat di lima kecamatan daerah tersebut.

Rinciannya, Kecamatan Payakumbuh Barat 25 orang, Kecamatan Payakumbuh Timur 25 orang, Kecamatan Payakumbuh Utara 10 orang, Kecamatan Payakumbuh Selatan delapan orang, dan Kecamatan Latina tujuh orang.

"Pemberian bantuan ini berdasarkan Undang Undang Nomor 13 Tahun 1998, PP Nomor 43 Tahun 2004 dan Permensos 19 Tahun 2012, tujuannya untuk meningkatkan pemenuhan hak hidup layak lansia non potensial, meningkatkan tanggung jawab sosial keluarga dan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan lansia non potensial, serta meningkatkan kapabilitas sosialnya," kata Idris.

Dikatakannya, terdapat bantuan lain untuk lansia yang merupakan dukungan keluarga dari Kementerian Sosial RI. Bantuan ini dikhususkan bagi lansia potensial, atau mereka yang masih bisa menjalankan usaha di usia lanjut.

"Bantuannya berupa modal usaha sesuai keahlian kepada 37 orang lansia potensial. Bantuan-bantuan jaminan ini adalah sebagai asistensi sosial untuk memenuhi kebutuhan lansia kita di Payakumbuh," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz menyebut, pemko terus berjuang untuk memenuhi tanggung jawabnya dalam menjaga kualitas hidup masyarakat.

Erwin menegaskan komitmen Pemko Payakumbuh melalui Dinas Sosial untuk memastikan tidak ada lansia terlantar di Payakumbuh, Erwin sangat menekankan sekali agar jangan ada satupun lansia yang luput dari perhatian pemerintah di Payakumbuh.

"Semoga perjuangan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat lansia kita, kami sebagai pemimpin memohon doa dari bapak-ibu ... Baca halaman selanjutnya