Pengidap ISPA di Pessel Meningkat pada Agustus 2019

"Pada Agustus terjadi sebanyak 185 kasus, dan naik dibandingkan Juli yang hanya 185 kasus"
Ilustrasi (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Hingga Agustus 2019, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mencatat, kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) terhadap balita dan anak-anak cenderung mengalami peningkatan.

Data dari Dinas Kesehatan setempat mencatat, pada Agustus terjadi sebanyak 185 kasus, dan naik dibandingkan Juli yang hanya 185 kasus atau naik 76 kasus pada Agustus 2019.

"Memang terakhir ini udara kita tidak baik. Jadi kemungkinan besar akibat adanya kabut asap," ungkap Kasi P2M Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Rosmali kepada KLIKPOSITIF, Rabu 18 September 2019.

Ia menjelaskan, kerentanan anak-anak atau balita terhadap ISPA karena daya tubuhnya yang lemah. Jadi ketika terjadi perubuhan udara yang tidak baik, sangat rentan terjakit ISPA.

"Karena anak-anak dan balita ke bawah, itu sangat rentan terhadap ISPA. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini," terangnya.

Sementara, untuk September 2019, pihaknya masih belum menerima laporan penderita ISPA di daerah tersebut, dan dikategorikan masih dalam tahap aman.

"Kalau September belum ada laporan yang masuk dari Puskesmas, mudah-mudahan masih aman," tutupnya.

[Kiki Julnasri]