Dinas PU Sumbar Perbaiki Jalan Dilalui Pembalap TdS 2019

"Perubahan rute serta belum ditetapkan jalan yang akan dilalui pembalap akan berpengaruh kepada pemeliharaan dan perbaikan jalan khusus TdS"
Kepala Dinas PU Sumbar Fathol Bari (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumatera Barat (Sumbar) siap menyukseskan perhelatan Tour de Singkarak 2019 dengan memperbaiki jalan yang akan dilalui pembalap.

Namun persoalnya hingga hari ini penyelenggara TdS belum menetapkan jalan mana saja akan dilalui pembalap. Hal itu tentu menghambat waktu perbaikan, sebab dengan anggaran pemeliharaan terbatas akan dilakukan pengalihan anggaran.

Kepala Dinas PU Sumbar Fathol Bari mengungkapkan, perubahan rute serta belum ditetapkan jalan yang akan dilalui pembalap akan berpengaruh kepada pemeliharaan dan perbaikan jalan khusus TdS.

"Kalau kami prinsipnya mana jalan yang bermasalah kami perbaiki. Kalau cepat ditetapkan tentu bisa cepat kami kerjakan, kalau dana kurang bisa cepat dialihkan. Contoh jalan di Solok ada yang dilalaui tapi tidak masuk tahun ini dalam pemeliharaan bisa dipindahkan ke jalan yang dilalui," jelasnya, Kamis, 19 September 2019.

Fathol menyebutkan, anggaran pemeliharaan ada tiap tahun, namun anggaran tidak untuk seluruh jalan provinsi. Sementara untuk TdS perlu diprioritaskan sebab akan berdampak kepada nama baik Sumbar sebagian penyelenggara.

"Anggaran tidak banyak, tentu perlu pengalihan anggaran kepada jalan yang dilewati, sementara hingga kini belum ditetapkan jalan mana yang dilalaui. Nanti ada jalan yang tidak bagus dan berpotensi menimbulkan kecelakaan bagi pembalap tentu kita jadi bulan-bulanan," katanya.

Dia menerangkan, perbaikan jalan TdS berupa tambal sulam pada jalan rusak dan berlobang. Pihaknya bertanggung jawab memperbaiki jalan provinsi, sedangkan jalan nasional dikerjakan oleh Balai Jalan.

"Sama seperti tahun sebelumnya, semua jalan provinsi akan dilalui pembalap akan kita perbaiki," tukasnya. (*)