Dinkes Pessel Tekankan Hal Ini pada Setiap Puskesmas Terkait Kabut Asap

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat melakukan pengecekan dan pembinaan terhadap kesiapan petugas Puskesmas dalam mencegah dampak kabut asap di daerah setempat.

"Dengan harapan bagaimana para petugas di Puskesmas bisa meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kabut asap. Dan langkah-langkah untuk mencegah," ungkap Kasi P2M Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Rosmali kepada KLIKPOSITIF , Rabu 18 September 2019.

baca juga: Kontak dengan Pasien Positif, 43 Warga Pessel Jalani Karantina COVID-19

Ia menjelaskan, dalam kegiatan sosialisasi bagiman petugas bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat, seperti mengurangi aktivitas diluar rumah dan mengawasi aktivitas anak-anak saat berada diluar ruangan.

"Bagaimana kita bisa memberikan pemahaman untuk memakai masker saat diluar rumah, dan begitu juga dalam mengawasi anak, kerena anak-anak sangat rentan terhadap ISPA," terangnya.

baca juga: Pemkab Pessel Buka Seluruh Objek Wisata Untuk Umum

Sementara, untuk September 2019, pihaknya masih belum menerima laporan penderita ISPA di daerah tersebut, dan untuk menimilisir kasus tersebut pihak akan terus melakukan sosialisasi dan pembinaan ke setiap Puskesmas.

"Dan ini, akan terus berlanjut ke setiap Puskesmas. Kita harap, upaya ini mencegah dampak kabut asap secara langsung kepada masyarakat," tutupnya. (Kiki Julnasri)

baca juga: 30 Warga Batangkapas Pessel Jalani Karantina COVID-19

Penulis: Eko Fajri