Akibat Kabut Asap, Besok Pemko Sawahlunto Gelar Shalat Istisqa dan Liburkan Sekolah

"Untuk sekarang kita liburkan dua hari dulu, kita akan terus berkoordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup untuk hasil uji udaranya yang dikeluarkan setiap 24 jam"
BPBD Sawahlunto Saat Membagikan Masker Kepada Masyarakat (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Terdampak kabut asap, Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto keluarkan surat edaran untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar di satuan Pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal (Paud/TK/RA) dan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto Asril mengatakan, masa libur diberikan selama dua hari kedepan, yakni 20 hingga 21 September 2019. 

"Untuk sekarang kita liburkan dua hari dulu, kita akan terus berkoordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup untuk hasil uji udaranya yang dikeluarkan setiap 24 jam," katanya di Sawahlunto, Kamis 19 September 2019.

Asril menambahkan, jika kabut tebal masih berlanjut dan indikator udara masih dalam kategori tidak sehat, tentu akan diperpanjang masa liburnya.

"Kita lihat nanti, jika pada Senin 23 September 2019 mendatang masih seperti ini, kita lanjutkan," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Rovanly Abdams mengatakan, kebijakan tersebut diambil agar dampak kabut asap dapat diminimalisir bagi para peserta didik dari TK dan SD.

"Kemudian, besok kami menggelar Shalat Istisqa di Lapangan Ombilin, sekira pukul 07.30 WIB. Untuk itu kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut bersama-sama ke lapangan," katanya.(*)