Kabut Asap Masih Selimuti Agam, Masyarakat Matur Gelar Salat Istisqa

"Salat diimami oleh Ustadz Biswadi, SH.I sekaligus bertindak selaku khatib. "
Masyarakat Matur Salat Istisqa (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Sejumlah warga Kecamatan Matur, Kabupaten Agam dari berbagai kalangan menggelar salat Istisqa atau shalat minta hujan, di Masjid Raya Matur, Kamis 19 September 2019.

Salat ini dilaksanakan mengingat kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan di provinsi tetangga yang masih belum berakhir. Bahkan kabut asap menyebar menyelimuti Kabupaten Agam, khususnya Kecamatan Matur sejak beberapa hari lalu.

Dengan kondisi itu, menimbulkan kekhawatiran akan kesehatan masyarakat. Pemerintah Kecamatan Matur telah membagikan 4.500 masker, untuk mengantisipasi tidak terjadi dampak buruk pada masyarakat.

Camat Matur, Edo Aipa Pratama mengatakan, selain membagikan masker, pihaknya bersama unsur Forkopimca, Kwarran, Pemuda Pancasila, masyarakat dan lainnya, menggelar salat Istisqa untuk memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan.

Salat Istisqa diikuti sekitar 160 jamaah yang dimulai sekitar pukul 10.15 WIB. Do'a dipanjatkan kepada Allah SWT agar menurunkan hujan, supaya kondisi udara dan lingkungan kembali normal.

"Salat diimami oleh Ustadz Biswadi, SH.I sekaligus bertindak selaku khatib. Pelaksanaannya atas dasar hasil koordinasi dengan MUI dan KUA Kecamatan Matur," ujarnya.

Menurut Edo, salat Istisqa adalah salat yang bertujuan untuk introspeksi diri akan kekhilafan dan kesalahan manusia. Melalui shalat ini, camat berharap seluruh do'a diijabah oleh yang Maha Kuasa.

"Kita berharap upaya ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, dan lebih mendekatkan diri kepada sang penciptanya," imbuhnya. (rel)