Kapolda Sumbar: Kami Akan Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan

"pihaknya tidak akan mentolerir pelaku pembakaran hutan yang akan mengakibatkan bencana seperti kabut asap saat ini."
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kasus kebakaran hutan yang membuat sebagian daerah di Indonesia dikepung asap menjadi perhatian khusus pihak kepolisian. Tak terkecuali di Sumbar.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal menegaskan pihaknya akan menindak setiap pelaku Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya.

"Jika ada pelaku pembakaran hutan dan lahan di Sumatera Barat, akan kami tindak tegas. Beberapa waktu lalu juga sudah kami tindak di daerah Solok," katanya saat diwawancarai, Kamis 19 September 2019.

Ia mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mentolerir pelaku pembakaran hutan yang akan mengakibatkan bencana seperti kabut asap saat ini.

"Kami mengimbau masyarakat yang melakukan perluasan lahan agar tidak membakarnya, karena akan berdampak buruk kedepannya," lanjutnya.

Menurutnya, dengan membakar hutan, tidak hanya lokasi yang dibakar saja yang akan terdampak, tetapi lokasi lainnya juga akan ikut terbakar.

"Saya harap masyarakat bisa memahami hal tersebut sehingga titik api tidak lagi bertambah dan ketebalan kabut asap tidak bertambah," tutupnya.

[Halbert Caniago]