Siap Tampung Pengungsi Kabut Asap, Wagub: Kalau Ada Permintaan Riau Kami Siapkan Tempatnya

"Kita siap, namun belum ada permintaan"
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengaku siap menampung warga Riau korban kabut asap. Namun, hingga hari ini belum ada permintaan maupun pembicaraan dengan provinsi Riau terkait hal itu.

"Kita siap, namun belum ada permintaan," ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit usai membuka Muswil Pemuda Pancasila di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat, 20 September 2019.

Dijelaskannya, tempat atau lokasi penampungan akan disiapkan jika pengungsi dari Riau datang secara eksodus atau dalam jumlah banyak.

"Pengungsi masih dalam jumlah kecil, baru sebatas mereka punya keluarga di Sumbar, lalu mengungsi untuk menghindari kabut asap di Riau," jelasnya.

Saat ditanya tempat yang akan disiapkan jika permintaan untuk menampung pengusi datang dari pemerintah Riau, Wagub menjawab akan menunggu sampai ada permintaan dulu.

"Pembicaraan soal ini juga belum, kita sebagai daerah tetangga tentu tidak akan menolak jika diminta," sebut Nasrul Abit.

Kemudian Wagub, menghimbau masyarakat Sumbar agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, dan membuat api unggun. Kemudian, membuang bekas puntung rokok sembarangan karena hal itu dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

"Sekarang ini musim kemarau, jadi jangan lakukan pembakaran hutan dan lahan dengan sengaja serta membuang bekas putung rokok sembarangan apalagi didaerah hutan. Ini yang terus diingat karena ini dapat memicu kebakaran," pungkasnya. (*)