Dinkes Klaim Pesisir Selatan Masih Aman dari Bahaya Kabut Asap

"Sejauh ini belum ada laporan atau penyakit yang menonjol terkait dampak kabut asap"
Suasana di Pesisir Selatan pada Kamis 19 September 2019 kemarin sekitar pukul 18.00 WIB (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengklaim, Pesisir Selatan - Sumbar masih aman terhadap bahaya kabut asap.

Menurut Kabid P2P Dinkes Pesisir Selatan, Kariadi, sejauh ini belum ada laporan atau penyakit yang menonjol terkait dampak kabut asap.

"Kalau untuk kita belum ada, masih normal seperti biasa. Karena kabut asap di daerah kita belum terlalu parah," sebut Kariadi kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, sebagai antisipasi dampak kabut asap, saat ini pihaknya telah menyediakan 1.000 box masker untuk kebutuhan dararut, dalam satu box terdapat 50 lembar masker.

"Jadi yang untuk masker ini disiapkan di gudang dan sudah ada juga yang dibagi-bagikan ke Puskesmas, untuk ke sekolah-sekolah," jelasnya.

Selain Dinkes Pesisir Selatan, saat ini pihaknya juga telah dibantu organisasi PMI setempat, dan dikatakan langkah tersebut sudah berjalan maksimal.

"Kemudian di samping itu, Puskesmas melakukan penyuluhan juga terhadap pencegahan ISPA," terangnya.

Sementara itu, terkait kualitas udara di daerah setempat, pihaknya masih belum mengetahui secara pasti. Sebab, sejauh ini daerah tersebut belum memiliki alat pengukur terkait kualitas udara atau ISPU.

"Sebab, sejauh ini kita belum ada alat untuk pengukuran. Koordinasi dengan Lingkungan Hidup, mereka belum ada alatnya,"tutupnya.

[Kiki Julnasri]