Tantangan PMI dalam Penanggulangan dan Penanganan Bencana

Simulasi penyelamatan salam bencana
Simulasi penyelamatan salam bencana (Istimewa )

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - Memperingat Hari Ulang Tahun ke 74, Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Barat menggelar apel bersama di lapangan kantin, Bukittinggi, Sabtu (21/9/2019), yang dihadiri oleh Bupati Walikota Se Sumbar. 

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bertindak sebagai pembina apel. Sedangkan peserta apel terdiri dari PMI Kabupaten Kota se Sumbar.

baca juga: Puluhan Item Peralatan Kebencanaan Pasbar Rusak, Sekda Berharap BPBD Aktif Cari Peluang

Nasrul Abit dalam arahannya menyampaikan, banyaknya bencana di Indonesia termasuk di Sumbar sendiri serta dampak yang ditimbulkan, merupakan tantangan yang harus dihadapi PMI dan masyarakat.

Dimana PMI harus terus mengedepankan kegiatan tanggap bencana dan bersama masyarakat melakukan upaya-upaya pengurangan risiko bencana.

baca juga: RRI Padang Sajikan Informasi Kebencanaan Tiap Hari, Ini Jadwal Siarnya!

"PMI harus terus membangun kemampuan organisasi dan SDM nya agar makin tangguh dan siap menghadapi bencana apapun, ketangguhan berbasis masyarakat inilah yang harus terus senantiasa diperkuat,"ujarnya.

Menurut Wagub, agar bisa menghadapi bencana, selamat, dan dapat melanjutkan kehidupan kembali, salah satu yang harus dilakukan adalah perlu "bersahabat" dengan bencana dengan mengenali bencana itu sendiri.

baca juga: FKIK Semen Padang Gelar Talk Show Keluarga Cerdas Bencana

Keinginan ini hanya bisa diwujudkan melalui komitmen tinggi antara pemerintah, pemangku kepentingan (stakeholder), lembaga kemanusiaan, dan yang terpenting masyarakat untuk secara bersama-sama melakukan dan mendukung usaha-usaha pengurangan risiko bencana.

Selain itu tugas dan amanah PMI sudah diatur dalam UU No 1 tahun 2018 tentang Kepalang Merahan, serta di jelaskan kembali dalam Peraturan Pemerintah No 7 tahun 2019.

baca juga: Pemprov Sumbar Akan Sediakan Info Kebencanaan dan Pariwisata dalam Satu Aplikasi

Diakhir arahan Nasrul Abit mengatakan, jika PMI tangguh maka akan memberikan ketangguhan juga kepada Pemerintah dan masyarakat.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat beserta seluruh lapisan masyarakat, akan terus bersama-sama mendukung PMI dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

"Kiprah PMI sangat dirasakan di tengah masyarakat, dari pelayanan kesehatan, sosial, penanggulangan bencana hingga peningkatan kapasitas relawan dan generasi muda. Mari sama-sama kita berikan dukungan kepada PMI di Sumbar," ajaknya. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir