Sekda Adlisman: Seluruh Pegawai Diminta Ataupun Tidak, Wajib Terlibat dalam Kegiatan Pamalayu

(Ist)

KLIKPOSITIF - Ribuan aparatur negara yang bertugas di Kabupaen Dharmasraya, Sumbar diharapkan dapat berparisipsi aktif dalam mensukseskan kegiatan Festival Pamalayu.

"Kita harapkan seluruh pegawai hadir dan ikut serta menyiapkan acara Arung Pamalayu yang akan kita laksanakan pada Senin (23/9/19). Jadi walaupun hari libur dalam dua hari ini, kita harapkan tetap datang ke Candi Pulau Sawah untuk terlibat langsung dalam mempersiapkan acara," kata Adlisman saat bertindak sebagai pejabat pengambil apel Jumat (20/9/19).

Festival Pamalayu, akan diisi dengan berbagai kegiatan. Setelah dilaunching pada Kamis 22 Agustus lalu di Museum Nasional, maka sampaikah pada kegiatan Arung Pamalayu dan Talkshow kemaitiman yang sedianya akan dihadiri oleh Jend (Purn) Moeldoko, mantan Panglima TNI yang kini menjabat Kepala Saf Kepresidenan.

Baca Juga

Kegiatan Arung Pamalayu akan dilakukan mulai dari Jembatan Sungai Dareh dan akan berakhir di dermaga Candi Pulau Sawah.peserta Arung Pamalayu adalah ASN dari OPD se Kabupaten Dharmrraya, ditambah par guru sekolah se Kabupaten DharmSraya. Semua peserta Arng Pamalayu memakai pakaan teluk balango wRna abu abu. Dan peserta perempuan juga memakai pakaian warna abu abu dengan model baju kurung basiba.

Sedangkan talkshor kemaritiman akan dgelar di Komplek Candi Pulau Sawah. Pesertanya adalah ninik mamak se Kabupaten Dharmasraya, ditambah dengsn pelajar, bundo kanduang, mahasiswa, wisatawan, wartawan, dan juga para ilmuwan. Bertindak sebagai nara sunber para akademisi, budayawan dan para pemerhati masalah lingkngan. Diperkirakan lebiu 5 ribu orang bakal datang dalam acara terzebut.

Untuk keperlan acara, Pemkab Dharmasraya dan warga Siguntur akan menjamu makan siang selurh peserta. Sedikitnya empat ekor sapi dsn kerbsu putih aian disembelih dan dagungnya akan dimasak secaa tradisional oleh kaum perempuan Nagari Signtur sebagai tuan rumah.

Rangkaia. Kegiatan itu membuthkan persiapan yabg matabg. Diperlukan partisipsi selurh ASN Kabupaten Rharmasraya untuk menyaipakn avara pesta budsya terpanjang dalam sejarH Dharmasraya. "Nah makanya mari kita berpartisipasi penuh, biak diminta mauoun tidsk diminta," kata Sekds Adlisman.

[Rilis]

Penulis: Khadijah | Editor: -