Jalan Rusak, Masyarakat Pelangai Gadang Tagih Janji Bupati Pessel

Kondisi jalan di Pelangai Gadang
Kondisi jalan di Pelangai Gadang (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Masyarakat Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat menagih janji Bupati Pesisir Selatan , Hendrajoni terkait jalan yang rusak akibat mobilisasi angkutan dan alat berat PT Dempo Sumber Energi.

Informasi yang diterima KLIKPOSITIF , jalan tersebut mengalami rusak sejak satu tahun belakangan. Diduga kerusakan tersebut dipicu setelah PT Dempo Sumber Energi masuk menggarap Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) di daerah tersebut.

baca juga: Pasien Sembuh COVID di Pessel Bertambah Dua Orang, Total Jadi 15 Orang

"Dan kami mengingatkan kembali, bahwa bupati pernah berjanji dihadapan masyarakat banyak tahun 2019 ini akan diaspal. Tapi, sampai saat ini belum terlaksana," ungkap pemuda setempat Eri Nofriadi kepada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, jalan yang rusak di Nagari Pelangai Gadang tersebut merupakan akses vital yang dilalui masyarakat sehari-hari. Namun, akibat adanya mobilisasi angkutan dan alat berat PT Dempo Sumber Energi, menjadi hancur.

baca juga: Hanyut di Bendungan Lesung Air, Seorang Remaja Pessel Ditemukan Meninggal

"Lebih kurang tiga kiloan, soalnya jalan ini merupakan akses PT Dempo menuju tempatnya beroperasi. Jadi kami masyarakat ingin menunggu janji itu (perbaikan dari bupati), karena jika tak ada PT Dempo belum tentu jalan akan rusak cepat seperti ini," jelas Eri Nofriadi juga aktif diorganisasi kepemudaan Muhammadiyah Sumbar ini.

Lanjutnya, jalan yang rusak saat ini diperkiraan sepanjang tiga kilo, dan jalan tersebut berada dari simpang tiga SMA Limau Sundai sampai ke Kampung Lubuk Sariek. "Kami berharap, bupati respon dengan kondisi ini. Karena bupati sendiri yang berjanji saat peletakan batu pertama proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hirdo (PLTMH)," terangnya.

baca juga: Lama di Rumah Akibat Pandemi, Guru di Pessel Kembali Bertugas ke Sekolah

Terpisah, Wali Nagari Pelangai Gadang, Toni Afrizal mengakui, jalan tersebut saat ini sudah mendapat perbaikan dari pemerintah setempat. Hanya saja saat ini dalam perbaikan tahapa pengerasan.

"Yang janji pak bupati sudah dilaksanakan. Itu sudah dilakukan penimbunan sirtu (pasir batu)," ungkapnya.

baca juga: 42 Hasil Tes Warga di Pessel Dinyatakan Negatif, 38 Orang Masih Menunggu

Menurutnya, untuk penimbunan sirtu sendiri, sudah dilakukan Pemkab Pessel sejak tiga bulan yang lalu dan sudah selesai. Namun, hanya saja belum dilaksanakan pengaspalan, karena pertimbangan operasi proyek PLTMH masih berjalan.

"Karena kalau diaspal, tentu rusak kembali soalnya barang-barang perusahaan yang melalui sekian ton. Dan kemungkinan, setelah proyek selesai akan diaspal dan janji pak bupati sudah dilaksanakan," tutupnya.

Diketahui, proyek PLTMH yang sedang dikembangkan di Pelangai Gadang itu dilakukan oleh PT Dempo Sumber Energi dengan membangun pembangkit listrik dengan kapasitas lebih dari 13 MW di Pesisir Selatan .

Pada proyek ini, disebut PT Dempo Sumber Energi menanamkan investasinya senilai Rp360 miliar. Dalam izin prinsip, target pembangunan dikerjakan selama tiga tahun.

[Kiki Julnasri]

Penulis: Rezka Delpiera