Mahasiswa Segel Ruang Kerja Gubernur Sumbar

"Mahasiswa se Sumatera Barat menggelar aksi di halaman kantor Gubernur, Selasa (24/9) akhirnya menyegel ruang kerja Gubernur Sumbar Irwan Prayitno"
Ruang kerja Gubernur Sumbar Irwan Prayitno disegel mahasiswa (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Mahasiswa se Sumatera Barat menggelar aksi di halaman kantor Gubernur, Selasa (24/9) akhirnya menyegel ruang kerja Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Ribuan peserta aksi hari tani dimulai dari jam 13.00 WIB tersebut akhirnya habis kesabaran. Diakhir aksi menjelang magrib mahasiswa tidak terbendung walaupun telah disemprotkan air oleh polisi untuk membubarkan massa. Namun, mahasiswa tidak surut dan merangsek masuk ke kantor gubernur.

Kordinator Lapangan Aksi Agung Deni Pratama meminta pemerintah melaksanakan program yang telah dilakukan untuk kesejahteraan petani.

"Program itu dengan memberikan pendampingan kepada petani tentang pengunaan teknologi dalam pengembangan pertanian," tuturnya.

Ada 15 poin tuntutan demonstran yang disampaikan dan Kepala Kesbangpol diminta untuk membacakan dihadapan mahasiswa diantaranya 1.Menuntut pemerintah untuk berhenti melakukan impor komoditas pertanian dan peternakan, 2. Menuntut pemerintah meningkatkan produktivitas komoditas pertanian dan peternakan.

3.Menuntut pemerintah untuk memperluas lahan pertanian dan memastikan kepemilikan lahan 2 hektar per petani, 4. Menuntut pemerintah untuk menambah jumlah dan meningkatkan kualitas penyuluh pertanian, 5. Menuntut pemerintah untuk segera perbaikan irigasi dan penyediaan alat mesin pertanian atau peternakan dan teknologi sesuai kebutuhan petani,

6. Menuntut pemerintah untuk menjaga stabilitas harga ditingkat petani dan konsumen, 7. Menuntut pemerintah untuk segala menindak oknum pedagang yang melakukan permainan harga di pasar dan segera melakukan tindakan nyata bersama satgas pangan untuk secepatnya bisa menstabilkan harga, 8. Menuntut pemerintah untuk memperhatikan keberlangsungan peternakan di Indonesia terutama untuk pakan, obat-obatan dan antibiotik, 9. Copot menteri pertanian dan menteri perdagangan.

10. Menuntut gubernur sumbar segera mendesak pemerintah pusat untuk menyelesaikan karhutla di Indonesia ... Baca halaman selanjutnya