Usai Transaksi Dipinggir Jalan, Tiga Pengedar Narkoba Dibekuk Polres Tanah Datar

"Pelaku berinisial RP sering mengedarkan narkotika di wilayah Tanah Datar"
Tiga tersangka yang diamankan polisi (KLIKPOSITIF/Irfan Taufik)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Usai melakukan transaksi dipinggir Jalan Raya Batusangkar - Bukittinggi, persisnya di sekitar jembatan kembar Puncak Alai, Kecamatan Tanjung Baru, Tanah Datar, tiga pengedar narkotika ditangkap anggota Satresnarkoba Polres Tanah Datar.

Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo di Batusangkar, Kamis 26 September 2019 menyebut tiga pengedar dan pemakai narkotika yang ditangkap itu adalah RP (32 tahun), warga Tanah Datar, NZ (44 tahun), warga Banuhampu Agam, dan YS (38 tahun), warga Bukittinggi.

Kapolres menjelaskan penangkapan ketiga tersangka berawal dari informasi masyarakat dimana RP sering mengedarkan Narkotika di wilayah Tanah Datar.

Saat RP berada di Puncak Alai Kecamatan Tanjung Baru, pada Rabu sekira pukul 17.00 WIB diduga usai transaksi Narkoba, polisi langsung membekuk tersangka.

Setelah dilakukan penggeledahan badan, ditemukan satu paket sabu yang dibungkus plastik bening disimpan dalam kotak rokok. Dari keterangan RP bahwa barang haram tersebut ia dapat dari NZ dan YS yang tinggal di Kota Bukittinggi.

Kasat Resnarkoba Iptu Yaddi Purnama menyebutkan ia bersama anggota melakukan pengembangan serta mencari keberadaan tersangka NZ dan YS. Dan sekira pukul 19.30 WIB, polisi berhasil membekuk kedua tersangka di bengkel Jalan Raya Payakumbuah - Bukittinggi.

Dari tangan kedua tersangka ditemukan satu paket sabu yang dibungkus plastik bening dan empat butir ekstasi yang dibungkus plastik bening.

Yaddi menyebut selain narkotika, polisi juga juga menyita barang bukti berupa satu unit timbangan digital, tiga unit gawai, satu alat hisap, dan satu buah mencis.

Ketiga tersangka dijerat Pasal 114 ayat 1, Pasal 112 ayat 1, dan Pasal 127 1 Undang-Umdang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun.

[Irfan Taufik]