Ingin Menyumbang Biaya Pemulangan Perantau Minang dari Papua, Kirimkan Kesini!

Perantau Minang di Wamena
Perantau Minang di Wamena (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) telah membuka donasi untuk membantu korban kerusuhan di Wamena, Jayawijaya Papua .

Bagi masyarakat yang ingin menyumbang bisa menyalurkan melalui nomor rekening Bank Nagari 2101.0210.07340-3 atas nama Sumbar Peduli Sesama.

baca juga: Pemerintah Perpanjang Masa Pelaksanaan Pekerjaan Venue PON XX

"Kita telah membuka donasi melalui Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar," ungkap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Minggu, 29 September 2019.

Disampaikannya, pengumpulan bantuan akan publikasikan secara transparan dari para donatur. Uang yang terkumpul nanti akan digunakan untuk pemulangan bagi warga Sumbar yang ada di Papua .

baca juga: PON XX Papua 2020 Ditunda Hingga Oktober 2021

"Kita harap donasi ini dapat membantu saudara kita di Wamena," harapnya.

Hingga saat ini Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit masih berada di Sentani Jayapura, Papua untuk menghimpun jumlah warga Sumbar yang ingin pulang ke kampung halaman.

baca juga: Komite II DPD RI Minta Pemerintah Evaluasi Keberadaan Pasukan Non-Organik di Papua

Wagub Nasrul Abit sudah bertemu warga Sumbar yang mengungsi di Sentani dan Wamena.

Sebelumnya, Ketua Ikatan Keluarga Minang Papua Zulhendri, memperkirakan biaya pemulangan mencapai Rp4,5 miliar dengan asumsi harga tiket pesawat dari Papua menuju Padang Rp5 juta per orang untuk 900 perantau Minang dari Wamena. (*)

baca juga: 63 Tapol Papua Desak Kasusnya Dibawa ke Meja PBB

Penulis: Joni Abdul Kasir