PNP Tuntaskan Bedah Rumah Warga, Nenek Simas: Alhamdulillah, Tidur Saya Bersama Keluarga akan Nyenyak

Direktur PNP Surfa Yondri (baju putih) didampingi Ketua KAN Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu bersalaman dengan Nenek Simas yang merupakan penerima bantuan bedah rumah dari PNP usai acara persemian bedah rumah.
Direktur PNP Surfa Yondri (baju putih) didampingi Ketua KAN Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu bersalaman dengan Nenek Simas yang merupakan penerima bantuan bedah rumah dari PNP usai acara persemian bedah rumah. ()

PADANG, KLIKPOSITIF - Isak tangis Simas, mewarnai acara peresmian penempatan rumah yang sebelumnya, telah direnovasi oleh Politeknik Negeri Padang ( PNP ) di RT2/RW2, Kelurahan Limau Manis , Kecamatan Pauh, Kota Padang, melalui program bedah rumah .

Dengan berurai air mata, nenek berusia 63 tahun itu mengaku begitu bersyukur bisa menikmatia bantuan renovasi rumah miliknya dari PNP . "Alhamdulillah, sekarang rumah saya tampak baru, tidur saya bersama keluarga di rumah yang telah di bedah oleh PNP ini akan nyenyak. Dulunya ini rumah kayu yang sudah reot," katanya sembari menyeka bulir bening yang tumpah dari kedua matanya.

baca juga: Dirjen Pendidikan Vokasi Lounching Program S2 Terapan di Empat Politeknik di Indonesia, Salah Satunya PNP

Renovasi atau bedah rumah milik nenek Simas yang dilakukan PNP , merupakan bentuk Tri Dharma Perguruan Tingggi PNP untuk masyarakat Limau Manis yang merupakan, bagian dari masyarakat lingkungan PNP . Bedah rumah ini, juga bagian dari rangkaian Dies Natalis PNP ke-32.

"Ada 30 lebih rangkaian Dies Natalis, salah satunya bedah rumah . Kita berharap dari bedah rumah ini bisa menjadi ukhuwah PNP dengan masyarakat sekitar, karena keberadaan PNP tidak terepas dari dukungan msyarakat sekitar," kata Direktur PNP Surfa Yondri.

baca juga: Pandemi Covid-19, PNP Buka Pendaftaran SBMPN 2020 dengan Sistem Seleksi Portofolio

Baca juga: Dies Natalis ke-32, PNP Bedah Rumah Warga

Bagi PNP , Tri Dharma Perguruan Tinggi bukan hanya melakukan bedah rumah , tapi juga melakukan pembinaan terhadap generasi muda di sekitar lingkungan PNP . Diantaranya pembinaan untuk pemuda yang putus sekolah dan pemuda yang ingin memiliki ketrampilan.

baca juga: Melalui Program Bedah Rumah YBM PLN Sumbar, Nenek Dalima Kini Tinggal di Rumah Layak Huni

"Ada pelatihan las, komputer, Bahasa Inggris yang telah kami lakukan. Pelatihan tersebut bekerjasama dengan KAN Nagari Limau Manis , LPM dan Lurah yang berada di lingkungan Nagari Limau Manis , Kecamatan Pauh," ujarnya.

Terkait dengan bedah rumah , Ketua Dies Nataslis PNP Efrizon menyebut bahwa waktu pengerjaan bedah rumah ini telah dilakukan sejak 10 September dan selesai pada 20 september kemarin. Namun karena padatnya jadwal Direktur PNP , makanya baru hari ini bisa diilakukan peresmian pemakaian rumah yang dibedah ini secara simbolis.

baca juga: PNP Salurkan Bantuan APD untuk 4 RSUD di Sumbar

Untuk dana bedah rumah , Efrizon menyebut jumlahnya sebesar Rp30,5 juta. Rinciannya, dari PNP sebesar Rp22 juta dari Prodi Teknik Sipil PNP sebesar Rp8,5 juta. Kemudian untuk pengerjaannya, dilakukan secara swadaya oleh mahasiswa Teknik Sipil PNP , keluarga pemilik rumah dan masyarakat sekitar lokasi bedah rumah .

"Kalau kita kalkulasikan total nilai bantuan dan nilai swadaya mahasiswa dan masyarakat, maka nilai bangunan bedah rumah ini jumlahnya mencapai Rp74 juta. Untuk itu, kami dari PNP tentunya mengapresiasi swadaya masyarakat dan mahasiswa. Dengan bantuan Rp30,5 juta, realisasi pekerjaaannya ternyata mencapai dua kali lipat dari jumlah bantuan yang diberikan PNP dan Prodi Teknik Sipil," katanya.

Ketua LPM Limau Manih Sudirman mengatakan bahwa mewakili masyarakat Limau Manis , termasuk penerima manfaat bantuan bedah rumah , dirinya berterimakasih kepada PNP . Ia berharap, PNP terus menjadi solusi kerjasama untuk membangun Limau Manis lebih baik lagi. "kita harapkan nanti akan ada terus masyarakat Limau Manis yang mendapatkan bedah rumah , dan kegiatan sosial lainnya dari PNP ," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua KAN Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu. Kata dia, sebagai tokoh adat di Nagari Limau Manis , tentunya dia bangga dengan program PNP dalam pengabdian masyarakat selama ini. Ia berharap, program-program bantuan dari PNP terus berlanjut. "Kalau bisa jangan di Limau Manis saja, tapi juga dilakukan di kelurahan lain di Nagari Limau Manis ," katanya.(*)

Penulis: Riki S