Kecelakaan Beruntun di Jalan Bukittinggi-Padang Panjang Libatkan 8 Kendaraan

Truk rusak parah akibat mengalami keceakaan beruntun
Truk rusak parah akibat mengalami keceakaan beruntun (KLIKPOSITIF/Irfan Taufik)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -- Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan raya Padang Panjang – Bukittinggi tepatnya di Jorong Bintungan, Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Tanah Datar , Jumat 4 Oktober 2019 sekita pukul 15.10 WIB.

Peristiwa naas itu melibatkan delapan kendaraan yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia, sembilan orang mengalami luka-luka, dan tiga rumah mengalami kerusakan, serta kerugian materil ditaksir ratusan juta rupiah.

baca juga: Disdikbud dan Kemenag Tanah Datar Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru, Ini Syaratnya

Kapolres Padang Panjang AKBP Sugeng Hariyadi mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan beruntun tersebut. Dugaan sementara, kecelakaan beruntun itu terjadi akibat rem truk tronton nomor polisi BK 9375 BL tidak berfungsi sehingga menabrak mobil Colt Diesel nomor polisi BA 8904 AH.

Disebutkan, truk tronton yang dikemudikan Sofyan Arif dengan penumpang Rahmatsah dan Supiyah datang dari arah Bukittinggi menuju Padang Panjang . Sampai di tempat kejadian diduga rem truk tronton tidak berfungsi sehingga kendaraan tidak terkendali dan menabrak mobil Colt Diesel yang dikemudikan Agusman.

baca juga: Setelah Tutup Dua Bulan, Emersia Hotel Batusangkar Mulai Buka Operasional

Mobil boks Agusman menimpa rumah milik Jaya yang berada di sebelah kanan jalan serta menabrak sepeda motor Nopol BA 6893 NE yang dikendarai Frengki Sanjaya dan sepeda motor BA 3539 NR yang dikendarai Baret Saputra.

Selanjutnya, kendaraan yang dikemudikan Sofyan Arif menabrak kendaraan minibus BA 1473 OK yang dikemudikan Doni dan kendaraan minibus BA 1398 NN yang dikemudikan Susilawarni, Bus Pariwisata BA 7096 MU yang dikendarai Syafril.

baca juga: Perintis Radio Pemda Tanah Datar Meninggal Dunia, Wabup : Almarhum Yasrizal Seorang Inisiator

Truk Tronton rebah ke kiri jalan sehingga menimpa rumah milik M. Saleh dan Atnawati serta kendaraan mobil L300 BA 1971 WM yang terparkir di sebelah kiri jalan.

Kasat Lantas Polres Padang Panjang Iptu Mendrofa menyampaikan pihaknya masih melakukah olah TKP dan akibat kejadian tersebut penumpang truk tronton Supiyah (39 tahun) warga Dusun Tungkusan, Kelurahan Tudukan Raga, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara meninggal dunia.

baca juga: Pemkab Tanah Datar Raih WTP 9 Kali, Delapan Tahun Berturut-Turut, Ini Upaya yang Dilakukan

Sementara sembilan orang lainnya yang terlibat kecelakaan mengalami luka-luka dan tiga unit rumah warga mengalami kerusakan.

[Irfan Taufik]

Penulis: Iwan R