Amankan Pelantikan Jokowi - Ma'ruf, Panglima: TNI Mendukung Kepolisian

"TNI bakal berkoordinasi dengan kepolisian terkait jumlah prajurit yang dibutuhkan untuk pengamanan persiapan hingga pelantikan presiden dan wakil presiden."
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan pernyataan usai peringatan HUT Ke-74 TNI di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019) (Net)

KLIKPOSITIF -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya bakal mendukung penuh kepolisian dalam mengamankan pelantikan Joko Widodo dan Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Pelantikan tersebut bakal berlangsung di Gedung DPR/DPD/MPR RI pada Minggu 20 Oktober mendatang.

"Terkait pelantikan Presiden, TNI terus mendukung kepolisian," ujar Hadi usai peringatan HUT ke-74 TNI di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

Hadi menuturkan, TNI bakal berkoordinasi dengan kepolisian terkait jumlah prajurit yang dibutuhkan untuk pengamanan persiapan hingga pelantikan presiden dan wakil presiden.

Meski demikian, Hadi meastikan TNI tidak akan menurunkan alat utama sistem senjata (alutsista) dalam proses pengamanan tersebut.

"Kalau alutsista tidak kita libatkan," ucap Hadi.

Untuk diketahui, Majelis Permusyawaratan Rakyat pada 20 Oktober dijadwalkan menggelar pelantikan terhadap Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil pemilihan umum 2019. (*)