Unand Resmi Punya Pakar Motif Batik dan Rumah

"Universitas Andalas (Unand) kembali mengukuhkan dua guru besar. Mereka yang dikukuhkan pakar dalam motif batik dan rumah"

PADANG, KLIKPOSITIF - Universitas Andalas (Unand) kembali mengukuhkan dua guru besar. Mereka yang dikukuhkan pakar dalam motif batik dan rumah.

Dua guru besar itu yakni Prof. Herwandi guru besar bidang Arkeologi. Dikukuhkan sebagai guru besar tetap dalam bidang ilmu arkeologi pada Fakultas Ilmu Budaya Unand dengan materi Arkeologi Seni Pola Hias Minangkabau dari Artefak Seni ke Motif Batik Kreatif di Sumbar.

Akademisi kelahiran Tanah Datar ini telah menciptakan dan mematenkan 42 motif batik khas Minangkabau kepada Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kemudian Prof. Fashbir Noor Sidin dikukuhkan sebagai guru besar tetap dalam bidang Ilmu Ekonomi Perkotaan Fakultas Ekonomi Unand dengan orasi Pembiayaan dan Penyediaan Rumah Untuk Kesejahteraan Sosial di Indonesia.

Wakil Rektor II Unand Prof. Syafrizal, sy MSi mengatakan, hasil penelitian kedua guru besar tersebut sangat dekat dengan masyarakat dan dunia industri. Hal itu membuktikan penelitian dari guru besar Unand sangat kekinian dan sesuai kebutuhan zaman.

"Tentu hasil guru besar ini berguna bagi masyarakat dan dunia industri. Batik dan rumah dekat dengan keseharian masyarakat kita," ujarnya, Senin, 7 Oktober 2019) di Convention Hall Unand.

Senada dengan WR II, Ketua Majelis Guru Besar Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Fauzan Azima, MS menyampaikan, hasil karya Prof. Herwandi soal motif batik membuktikan bahwa penelitian hanya untuk penelitian. Tapi telah sampai kepada hilirisasi bahkan paten.

"Karya ini sudah dipatenkan dan menjudi produk industri. Bahkan beliau adalah Prosesor keempat bidang Arkeologi di Indonesia," katanya. (*)