Separoh Pemain Tim GSI Sumbar Merupakan Pelajar Asal Kota Payakumbuh

"Kota Payakumbuh adalah juara GSI Sumbar. Karena itu, 50 persen skuat GSI Sumbar merupakan pelajar asal Payakumbuh"
Tim GSI Sumbar yang akan berlaga di tingkat nasional. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 50 persen pemain tim sepak bola gala siswa Indonesia (GSI) Sumbar yang akan berlaga pada pentas nasional GSI di Jakarta merupakan siswa dari sekolah di Payakumbuh.

Tim GSI Sumbar yang tergabung dalam grup H akan bersaing dengan empat daerah lain, yaitu Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Tumur, dan Gorontalo. Pertandingan sendiri akan mulai dilangsungkan, Rabu (9/10) nanti.

Untuk event kali ini, tim sepak bola GSI Sumbar diperkuat sebanyak 18 pemain dan sembilan pemain diantaranya merupakan pelajar asal Kota Payakumbuh. Rombongan tim sepak bola GSI Sumbar akan bertolak ke Jakarta, Senin (7/10) ini.

Pelatih kepala tim sepak bola GSI Sumbar, Febriko Sastra yang didampingi dua asisten, yakni Roni Fazlan dan Weri Kurnia Ilahi diharapkan bisa mengangkat nama Sumbar pada ajang olahraga tingkat pelajar SMP itu.

Penanggung jawab tim sepak bola GSI Sumbar yang merupakan Kabid Kabid Supervisi dan Pemetaan Mutu Pendidikan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumbar, Wisma Endrimon menyebut, dipilihnya 50 persen pemain asal Kota Payakumbuh sesuai dengan ketentuan GSI yang menjelaskan bahwa tim kabupaten kota yang keluar sebagai juara di tingkat provinsi berhak mengisi 50 persen komposisi skuat yang akan berlaga di tingkat nasional.

"Kota Payakumbuh adalah juara GSI Sumbar. Karena itu, 50 persen skuat GSI Sumbar merupakan pelajar asal Payakumbuh. Sisanya, adalah pemain GSI dari kabupaten kota lain yang kita anggap memiliki talenta bagus," jelasnya, Senin (7/10).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Momon itu mengaku optimis dengan peluang tim GSI Sumbar untuk meraih prestasi di tingkat nasional. Ia menilai kekuatan tim yang saat ini berkomptisi cukup merata.

"Tahun lalu, Sumbar tereleminasi karena kurang selisih gol dan Jawa Timur selaku juara Nasional pada 2018. Karena itu, tahun ini kita optimis juara, mohon doa dan dukungan pencinta sepak bola Se ... Baca halaman selanjutnya