Dinas Perikanan Akan Kaji Penyebab Terdamparnya Hiu Tutul di Pessel

"Jenis ikan hiu tutul dengan bahasa latin Rhincodon typus tersebut biasanya hidup di laut dalam"
Warga berbondong-bondong melihat hiu yang terdampar di Pantai Taluak Batuang (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal mengkaji penyebab hiu tutul yang ditemukan terdampar di Pantai Taluak Batuang, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batangkapas, Senin 7 Oktober 2019.

Kepala Dinas Perikanan Pesisir Selatan, Andi Syafinal mengaku, sudah melaporkan penemuan ikan besar seukuran 6 meter tersebut ke Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) di Padang.

"Kita sudah koordinasikan dengan Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) di Padang. Jadi besok, mereka akan datang dan akan melakukan penelitian," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF.

Andi Syafinal mengatakan, jenis ikan hiu tutul dengan bahasa latin Rhincodon typus tersebut biasanya hidup di laut dalam. Tetapi saat ini kenapa bisa menepi dan tersangkut jaring nelayan yang panjangnya terbatas.

"Mengapa bisa sampai ke tepi. Apa penyebabnya, sebab kalau tersangkut jaring jaraknya sejauh mana. Makanya perlu pengkajian," terangnya.

Ia menduga, sejauh ini ikan terdampar tersebut diduga karena sedang mencari tempat baru. Sebab, kebiasaan ikan besar tersebut selalu bermigrasi dari habitatnya.

"Nanti itu akan diteliti karena sudah lari dari habitatnya. Itu yang kami laporkan kepada Balai (BPSPL)selaku yang berkewanang menindaklanjutinya," pungkasnya.

Baca berita sebelumnya : Seekor Hiu Tutul Terdampar di Pessel, Begini Kondisinya

[Kiki Julnasri]